Pertanyaan soal Fahmi Alamsyah Muncul di Rapat Kapolri dan DPR

Jakarta

Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan mempertanyakan langsung peran Fahmi Alamsyah kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Arteria meminta konfirmasi apakah benar Fahmi Alamsyah merupakan penasihat Kapolri serta ada atau tidaknya keterkaitan dengan kasus Ferdy Sambo.

Hal itu diungkap Arteria dalam rapat Komisi III DPR bersama Kapolri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2022). Arteria meminta Sigit memberikan penjelasan tentang hal itu.

“Berikutnya saya sampaikan mengenai pertanyaan menggelitik Pak Kapolri, siapa figur Fahmi? Apa betul dia penasihat Pak Kapolri? Kemudian apa betul dia ikut menskenariokan Pak? Nanti Pak Agus (Kabareskrim) juga Pak Irwasum juga tolong ditanyakan,” kata Arteria.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lebih lanjut, Arteria juga meminta Kapolri merinci sejauh mana keterlibatan personel yang diperiksa. Dia berharap ada rincian dan sanksi yang diberikan ke personel tersebut agar bisa sama-sama diawasi.

“Kemudian terkait dengan pihak yang terkena pidana maupun etik, Pak Trimed mengatakan tadi 90 sekian nama itu harus digambarkan kualifikasinya seperti apa, perbuatan melawan hukumnya macam mana, potensi sanksinya seperti apa, jadi nanti sama sama mengawasi, ada yang kurang dan sebagainya,” ujarnya.

Fahmi Mundur di Tengah Penyelidikan Kasus Sambo

Fahmi Alamsyah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Penasihat Ahli Kapolri Bidang Komunikasi Publik. Surat pengunduran diri itu disampaikan Selasa (9/8) sore.

“Ya saya secara gentle mengundurkan diri. Suratnya sudah disampaikan hari ini ke Kapolri, sore ini,” kata Fahmi kepada detikcom, Selasa (9/8).

Fahmi Alamsyah mengatakan menyadari sensitifnya kasus ini. Fahmi menyayangkan namanya terseret dalam pemberitaan media, yang dinilainya seolah memposisikan dirinya menyusun skenario seolah-olah ada baku tembak.

“Karena ini isunya sensitif,” ucap dia.

Fahmi pun mengaku para penasihat ahli Kapolri lainnya sempat merapatkan dirinya dan memberi rekomendasi. Fahmi mengaku tak ingin membebani Kapolri dan para penasihat ahli karena dirinya diisukan terlibat skenario baku tembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

“Saya di penasihat ahli dirapatkan. Saya mundur karena tak ingin membebani,” imbuh Fahmi.

Fahmi bantah ikut buat skenario dengan Sambo, simak di halaman berikut

Simak Video: Debat Panas Wakil Rakyat di Depan Kapolri soal ‘Konsorsium Sambo’

[Gambas:Video 20detik]