Peserta Luar Negeri Siap Berpartisipasi

peserta luar negeri siap berpartisipasi

Ryla 2016 di Baturraden

PURWOKERTO – Peserta dari luar negeri siap berpartisipasi dalam Rotary Youth Leadership Award (Ryla) Tahun 2016, yang akan digelar pada April mendatang di Baturraden. Saat ini animo masyarakat terhadap Ryla 2016 juga sangat besar. Hal itu ditunjukkan dengan jumlah masyarakat yang ingin memastikan kepesertaan pada Ryla.

Wakil Ketua Panitia Ryla 2016, Laeli Nasution mengatakan sampai saat ini sudah ada satu peserta yang berasal dari Jepang. Sedangkan beberapa negara lainnya juga sudah menanyakan beberapa hal terkait penyelenggaraan Ryla.

“Tidak hanya dari luar negeri, dari domestik baik di dalam Purwokerto maupun dari luar juga sudah banyak yang menanyakan,” katanya.

Dijelaskan, untuk pendaftaran Ryla 2016, peserta hanya dibebankan biaya sebesar Rp 1,5 juta. Jumlah tersebut diganti berupa kaos, souvenir, serta fasilitas lainnya selama 4 hari berkemah di Baturraden.

“Kalau dibandingkan pengalaman dan keseruan yang akan didapatkan peserta dalam Ryla nanti, jumlah tersebut masih bisa dikatakan murah,” ujarnya.

Seperti diketahui, Rotary International Purwokerto yang tergabung dalam Rotary District 3410 Indonesia mendapat kesempatan untuk menggelar even tahun Rotary berupa Ryla tahun 2016. Rencananya even tersebut akan digelar pada 7-10 April 2016 dengan mengambil lokasi di alam Baturraden.

Laeli mengatakan, Ryla merupakan salah satu kegiatan dari sekian banyak kegiatan Rotary yang berhubungan dengan pendidikan anak. Dengan mengusung tema Nature Comes to You, Laeli mengatakan, kegiatan Ryla nantinya akan berupaya mengajak generasi muda untuk belajar dari alam sekaligus mempelajari alam.

Untuk peserta Ryla, dia menambahkan, bisa berasal dari mana saja baik anak-anak anggota Rotary, maupun masyarakat umum. Namun karena Ryla merupakan pendidikan untuk generasi muda, maka untuk usia peserta dibatasi antara 16-30 tahun, atau sederajat dengan siswa SMA/SMK hingga mahasiswa.

“Pendidikan Ryla meliputi pendidikan kepemimpinan, pendidikan persahabatan, hingga pendidikan pengembangan diri. Dijamin kegiatannya akan seru, karena tidak sedikit peserta dari luar negeri yang ikut berpartisipasi,” katanya.

Untuk saat ini pihaknya sudah membuka pendaftaran bagi calon peserta Ryla 2016. Pendaftaran bisa dilakukan melalui website Rotary yang ada di wilayah masing-masing, maupun langsung datang ke sekretariat panitia Ryla 2016 di PT Rita Ritelindo. Untuk batas waktu pendaftaran akan ditutup pada 25 Maret 2016. (bay)

Sumber: