PLN Komitmen Zero Accidents

pln komitmen zero accidents

tengahPURWOKERTO – PT PLN (Persero) Area Purwokerto menggelar sosialisasi keselamatan ketenagalistrikan (K2) dan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), di ruang rapat PLN Purwokerto pada Selasa (16/2). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kesiapan PLN Area Purwokerto dalam melayani pelanggan.

Manajer PLN Area Purwokerto Andik Novijanto mengatakan, selain penyampaian pengetahuan tentang K2 dan K3, ada juga penandatanganan komitmen K2 dan K3 oleh para mitra kerja PLN Area Purwokerto.

“Dengan program tahun ini zero accidents atau kecelakaan nol, kita berharap tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Andik. Sosialisasi kemarin diikuti semua pegawai yang diwakili oleh asisten manajer, manajer rayon dan mitra kerja PLN.

Dikatakan Andik, sudah menjadi kewajiban PLN untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pekerja. Sebab kegiatan PLN berpotensi bahaya, baik dari mitra kerja maupun pegawai di lapangan. “Karena berdekatan dengan tegangan listrik. Ini menjadi suatu keharusan, bukan saja penting tapi kewajiban untuk menjaga agar kecelakaan dapat diminimalisir,” ungkapnya.

Saat ini untuk keselamatan umum, PLN secara proaktif melaksanakan sosialisasi. “Dalam waktu dekat, kita juga secara kontinyu akan tetap melakukan sosialisasi. Karena tidak bisa hanya sekali terus berhenti. Agar masyarakat terus selalu mengingat bahwa bahaya selalu dekat dengan kita, sehingga mereka diimbau untuk selalu hati-hati. Khususnya pekerja dan mitra kita,” katanya.

Upaya tersebut, tuturnya, untuk mengantisipasi agar pengalaman tahun lalu yang terjadi beberapa kecelakaan tidak terulang kembali. “Dari masyarakat, tenaga alih daya ada yang luka dan meninggal. Harapannya kita tahun ini tidak ada lagi korban jiwa,” harapnya.

Andik mengimbau, demi terciptanya keselamatan kerja, para tenaga kerja diimbau agar melaksanakan ketentuan sesuai SOP dan menggunakan APD sesuai standar dari PLN.

“Kepada masyarakat kami mengimbau agar lebih waspada. Terutama dalam membangun rumah. Rumah yang tingkat harus tahu bahwa jaraknya 2,5 meter dari tiang listrik. Juga saat menebang pohon, memasang baliho dan antena harus lebih berhai-hati. PLN siap membantu dan mengawasi,” terangnya.

PLN juga akan mengecek kesiapan mitra kerja, baik dari segi peralatan dan dari segi lainnya. “Alat pelindung diri akan kita cek tiga bulan sekali. Sehingga tenaga kerja akan terlindungi dan aman dalam bekerja,” pungkasnya. (adv/why/sus)

Sumber: