Polda Metro: Penyampaian Update Kasus Brigadir J Satu Pintu di Mabes Polri

Jakarta

Kasus tewasnya Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J usai baku tembak dengan Bharada E di rumah Irjen Ferdy Sambo dilimpahkan ke Polda Metro Jaya. Namun Polda Metro Jaya menyebut penyampaian perkembangan penanganan kasus Brigadir J tetap satu pintu di Mabes Polri.

“Terkait dengan update penanganan kasus Brigadir J, nanti penyampaiannya dari satu pintu, yaitu di Mabes Polri,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Zulpan mengatakan kasus baku tembak di rumah Irjen Ferdy Sambo yang melibatkan Brigadir J dan Bharada E masih diselidiki penyidik Polda Metro Jaya. Tim penyidik dari Mabes Polri pun masih memberikan asistensi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Namun dia menyebut pernyataan resmi terkait perkembangan kasus tersebut akan dilakukan oleh jajaran Divisi Humas Mabes Polri.

“Setiap penyampaian penanganan timsus ini saya juga akan mendampingi Kadiv Humas di Mabes Polri saat menyampaikan ke media. Jadi nanti akan disampaikan dari Mabes Polri,” ucap Zulpan.

Jokowi Minta Polri Transparan

Kasus tewasnya Brigadir J setelah terlibat terlibat baku tembak di rumah Irjen Ferdy Sambo memang terus menuai perhatian masyarakat. Presiden Joko Widodo pun telah mengungkapkan pendapatnya di kasus tersebut. Jokowi meminta agar kasus itu diusut tuntas.

“Saya kan sudah sampaikan, usut tuntas, buka apa adanya. Jangan ada yang ditutup-tutupi, transparan. Sudah!” kata Jokowi di sela-sela kunjungan kerjanya di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (21/7/2022).

Jokowi mengatakan pentingnya transparansi dalam penyelidikan kasus penembakan yang menewaskan Brigadir J. Hal itu agar tidak muncul keraguan masyarakat terhadap institusi Polri.

“Itu penting untuk agar masyarakat tidak ada keragu-raguan terhadap peristiwa yang ada. Ini yang harus dijaga. Kepercayaan publik terhadap Polri harus dijaga,” ujar dia.

Terkait kasus baku tembak antaranggota Polri tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menonaktifkan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Kepala Biro Pengamanan Internal (Paminal) Polri Brigjen Hendra Kurniawan, dan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdy Susianto.

Simak video ‘Dugaan Luka di Tubuh Brigadir J Versi Keluarga’:

[Gambas:Video 20detik]

Baca di halaman selanjutnya: Kapolda Metro Jaya tunjuk Plt Kapolres Metro Jakarta Selatan.