Polri: Kapolri Akan Sampaikan Semua Hal terkait Kasus Sambo ke DPR

Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menyampaikan penjelasan secara terbuka terkait kasus pembunuhan berencana yang dilakukan oleh eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo terhadap Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI hari ini. Dalam rapat nanti, Kapolri juga akan menyampaikan progres yang telah dilakukan Timsus kepada Komisi III DPR RI.

“Ya jadi Bapak Kapolri didampingi oleh timsus yang menghadiri rapat dengar pendapat dengan DPR RI ya tentunya Bapak Kapolri juga akan menyampaikan tentang progres yang sudah dilaksanakan oleh timsus baik dari penyidikan maupun juga dari inspektorat khusus nanti Pak Kapolri akan menyampaikan kepada seluruh Komisi III,” kata Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Dedi mengatakan Kapolri akan didampingi oleh Timsus Polri saat RDP Komisi III DPR hari ini. Dedi menyebut seluruh hal yang menyangkut kasus Ferdy Sambo akan disampaikan Kapolri saat RDP nanti.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Timsus semua lengkap hadir mendampingi Bapak Kapolri,” jelas Dedi.

“Semua hal mungkin terkait menyangkut masalah informasi nanti akan dijelaskan dan disampaikan Bapak Kapolri,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dedi mengatakan Kapolri adad kemungkinan akan menjelaskan soal motif yang dilakukan Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Namun dia menyebut motif kasus pembunuhan bisa juga disampaikan pada saat persidangan.

“Ya mungkin Bapak Kapri juga akan menyampaikan, tapi saya perlu sampaikan lagi, dari pendapat para guru besar, ahli hukum pidana, terkait menyangkut masalah motif kasus 340 atau pembunuhan berencana, itu motif tidak harus disampaikan, tapi motif juga bisa disampaikan dalam persidangan sebagai gambaran dari pihak hakim. Hakim akan menilai seluruh alat bukti dan bb yang disajikan penyidik di depan persidangan,” ujar Dedi.

Diketahui, Komisi III DPR RI akan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk membahas kasus pembunuhan berencana yang dilakukan oleh eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo terhadap Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J hari ini. Kapolri dikonfirmasi akan menghadiri rapat tersebut.

“Mulai jam 10 pagi. Pak Kapolri hadir,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni saat dihubungi, Selasa (23/8/2022).

Sahroni membeberkan agenda rapat hari ini. Dia menyebut rapat Komisi III DPR dengan Kapolri akan membahas kasus Ferdy Sambo (FS).

“Agenda tentang tersangka FS,” tutur dia.

Sahroni mengatakan rapat akan dipimpin oleh Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. “(Dipimpin) Pak Bambang Pacul, saya mendampingi,” jelasnya.

Simak juga video ‘Terungkap! Skuad yang Ancam Bunuh Brigadir Yoshua Ternyata Si Kuat’:

[Gambas:Video 20detik]

Simak selengkapnya pada halaman berikutnya.