Pot Bunga Jalan Suparjo Rustam Rusak

pot bunga jalan suparjo rustam rusak

foto kiri1-yudha-kondisi pot bunga yang rusak hingga saat ini belum ada perbaikan    PURWOKERTO – Tidak hanya tanaman hias di Kota Purwokerto yang kerap hilang karena dicuri. Beberapa pot bunga di Jalan Soepardjo Rustam pun kini dalam keadaan rusak.

Kepala Seksi Pertamanan dan Pemakaman DCKKTR Kabupaten Banyumas, Irawan ketika dikonfirmasi Radarmas mengaku belum mengetahui terdapat pot bunga yang rusak di Jalan Soeparjo Rustam. “Secepatnya akan kita periksa. Kalau benar segera kita bersihkan. Untuk penggantian sepertinya belum bisa dilakukan dalam waktu dekat karena memang tidak ada anggaran untuk penggantian pot,” katanya Jumat (11/3).

Irawan menjelaskan, saat ini dengan anggaran pemeliharaan dan perawatan taman yang hanya sebesar Rp 600 juta, pihaknya harus melakukan effisiensi dengan menerapkan skala prioritas. “Dana tersebut sudah dipotong sebanyak Rp 286 juta untuk membayar gaji para PHL (Pegawai Harian Lepas.red). Dengan sisa dana sebesar Rp 314 juta, kita hanya akan mengerjakan apa yang bisa dikerjakan. Jangankan untuk penggantian pot, menambah pohon anyoman (peneduh) dan bibit tanaman hias lainnya saja sudah tidak bisa,” terangnya.

Dirinya menambahkan tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga tanaman hias dan pohon peneduh beserta dengan potnya yang telah diberikan oleh pemerintah daerah masih perlu ditingkatkan. “Harus ada komitmen bersama dari seluruh masyarakat Banyumas agar keindahan, kerindangan dan keasrian taman, baik itu taman pasif maupun aktif selalu terjaga dan sejuknya udara di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas khususnya Kota Purwokerto dapat terus kita nikmati,” himbaunya.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, sebanyak 5 persen tanaman hias yang berada di lima titik taman pasif di beberapa ruas kota Purwokerto hilang dicuri. Tidak hanya dicuri, di titik-titik lainnya ditemukan juga tanaman hias yang mati karena sengaja diracun.

“Seperti itulah kenyataannya di lapangan. Rata-rata tanaman hias di semua taman pasif di sepanjang ruas jalan Purwokerto dibawah pengelolaan bidang pertamanan DCKKTR Banyumas ada yang hilang. Tapi yang terparah di taman pasif ruas Jl RA. Wiryaatmaja, Jl Merdeka, Jl Kombas gg 1, Jl Oversite Isdiman Gg 2 dan Jl HR Bunyamin,” tutup Irawan. (yda/acd)

Sumber: