PPKM Level 3 Dibatalkan, Ini Sejumlah Aturan Di Banyumas Pada Perayaan Nataru

sibnews.info, Banyumas – Pembatalan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level III atau PPKM level III diputuskan oleh Menteri Politik Hukum dan Ham Luhut Binsar Panjaitan pada beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kabupaten Banyumas akan memberlakukan beberapa peraturan menjelang libur natal dan tahun baru yang sebentar lagi akan tiba. Bupati Banyumas Ir, Achmad Husein, saat ditemui RRI selepas menghadiri acara pelantikan DPRD mengungkapkan, untuk wilayah Banyumas akan diberlakukan pembatasan sebanyak 75% disejumlah tempat publik.

Tempat-tempat tersebut meliputi, bioskop, mal, dan tempat-tempat wisata. Namun, untuk tempat umum seperti alun-alun Purwokerto, nantinya akan ditutup sementara. Diambilnya kebijakan tersebut, lanjutnya, lantaran di alun-alun tidak ada ‘screening’ seperti tempat publik lainya.

Mengingat resiko terhadap penularan virus SARS Cov-19 di tempat tersebut terbilang cukup besar. Oleh sebab itu, nantinya di alun-alun Purwokerto akan ditutup untuk kegiatan masyarakat.

“Kami berlakukan sesuai dengan instruksi pusat, 75% di bioskop, mal, dan tempat wisata. Mal nantinya dibatasi sampai pukul 22.00,” ungkapnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Husein juga menyampaikan himbauannya terhadap perayaan tahun baru kepada masyarakat untuk tetap menjalani protokol kesehatan. Dirinya juga mengajak masyarakat untuk berdoa bersama-sama melalui rumah mereka masing-masing untuk mendoakan agar covid-19 cepat berlalu.

“Jangan bikin ramai-ramai. Doa dari rumah saja,” paparnya.

Sementara bagi warga yang akan mudik ke Purwokerto, nantinya tidak akan dilakukan karantina bagi pemudik. Hal itu menurut Husein sesuai dengan instruksi pemerintah pusat. (F12)*