Pramuka Peduli Banyumas Serahkan Bantuan Semeru Melalui Pramuli Kwarda Jawa Timur

sibnews.info, Banyumas – Relawan Pramuka Peduli Kwartir Cabang Banyumas tiba di lokasi bencana Erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang Erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang Kamis siang (9/12/2021) sekitar pukul 13.00 WIB. Rombongan yang berjumlah 13 (tiga belas) Personil berangkat pada hari Rabu (8/12) malam dari Purwokerto dan tiba di Posko Pramuka Peduli Kwartir Daerah Jawa Timur yang berlokasi di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

pramuka peduli banyumas serahkan bantuan semeru melalui pramuli kwarda jawa timur ii

        pramuka peduli banyumas serahkan bantuan semeru melalui pramuli kwarda jawa timur i

Setelah berkoordinasi Pimpinan Rombongan Ady Candra menyerahkan amanat / bantuan dari beberapa komunitas dan organisasi berupa natura seperti beras, mie instan, paket pakaian dalam wanita, perlengkapan mandi, alat ibadah, pembalut wanita dan diapers (pembalut bayi) yang bersumber dari BAZNAS Kabupaten Banyumas, Kwarran Gumelar, Kwarran Purwokerto Selatan, Kwarran Wangon Lelang Brownies Shodaqoh (LBS), Komunitas Sedulur Selawase, Sumbangan Pribadi Andalan Kwarcab Banyumas, Ratu Production, Club Rajut Purwokerto, Toko Berkah Mandiri Karanggude dan donatur pribadi.

“Untuk bantuan Uang Tunai sebesar Rp 8.000.000,- bersumber dari Bumbung Kemanusiaan Kwarcab Banyumas dan Dinas Pekerjaan Umum Kab. Banyumas,” katanya.

pramuka peduli banyumas serahkan bantuan semeru melalui pramuli kwarda jawa timur iv

       pramuka peduli banyumas serahkan bantuan semeru melalui pramuli kwarda jawa timur iii

Setiba di Desa Sumberwuluh, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas melapor ke Posko Kwarda Jawa Timur dan berkoordinasi dengan Tim Kwarda Jateng, yang pada hari ini kembali ke Semarang.

“Kemudian untuk efektivitas kerja di Lapangan, atas seizin dari Posko Kwarda Jatim, Tim dibagi menjadi 2 yang mana Tim 1 dibawah Komando Ari Pringgo Aji telah mendaftarkan 6 (enam) personil yang diperkuat Ambulance Rescue Pramuka Peduli Sahabat JEGUR ke Bazarnas guna membantu di Evakuasi menginap di Posko Kwarda Jatim Desa Sumberwuluh, sedangkan Tim 2 bawah Komando Ady Candra membantu di Perlindungan Pengungsi pada bagian Dapur Umum dan Logistik yang telah berkoordinasi dengan Tagana Kabupaten Lumajang bermalam di lokasi Relawan Gabungan di Lapangan Desa Candipuro dengan diperkuat 1 armada Pickup dan 1 armada minibus,” jelasnya.

pramuka peduli banyumas serahkan bantuan semeru melalui pramuli kwarda jawa timur v

       pramuka peduli banyumas serahkan bantuan semeru melalui pramuli kwarda jawa timur vi

Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro dialiri Sungai Bondeli yang berhulu di Puncak Gunung Semeru, apabila ada banjir lahar hujan maka Desa Sumberwuluh termasuk Zona Merah, sehingga untuk Relawan dan semua unsur mulai hari ini bergeser ke Lapangan Candipuro Kecamatan Candipuro yang lebih aman (zona aman).

“Untuk warga Desa Sumberwuluh mengungsi di wilayah – wilayah yang aman dari ancaman lahar hujan maupun awan panas,” pungkasnya. | Humas Pemkab Banyumas | (F12)*