Pramuka Peduli Banyumas Siapkan Ribuan Makanan Harian Untuk Pengungsi

sibnews.info, Banyumas – Musibah banjir yang melanda di beberapa wilayah di Kabupaten Banyumas, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas sudah empat hari membantu warga terdampak banjir di Kecamatan Tambak dan Sumpiuh.

Dalam pelaksanaan Mereka terbagi beberapa Tim, baik yang bertugas untuk evakuasi maupun yang bertugas di dapur umum.

Untuk Tim yang bertugas di dapur umum saat ini bertugas di Dapur Umum Posko Kecamatan Tambak dan Dapur Umum Posko Desa Plangkapan Kecamatan Tambak.

Petugas Dapur Umum Posko Kecamatan Tambak membantu menyiapkan makanan siap santap untuk warga Desa Prembun dan Gebangsari dan Dapur Umum Posko Plangkapan untuk membantu warga sekitar.

“Bersama relawan lainya Pramuka peduli pada hari Jumat kemarin menyiapkan makanan siap makan untuk makan pagi Siap pukul 06.30 WIB sebanyak 750 bungkus untuk Desa Prembun dan 1100 bungkus untuk Desa Gebangsari. Untuk makan siang pukul 12.30

750 bungkus untuk Desa Prembun dan 1100 bungkus Desa Gebangsari dan makan malam pukul 17.30 WIB 750 bungkus untuk prembun dan 1100 bungkus untuk Desa Gebangsari,” kata Ady Chandra Sekretaris Bidang Abdimas Kwarcab Banyumas Sabtu (19/3/2022).

Berupa makanan siap makan yang didustribusikan untuk makan pagi dengan menu nasi, sayur sawi dan telor goreng. Untuk makan siang menu nasi, oseng mie, dan tempe goreng, serta makan malam menu nasi, tahu goreng, sayur kacang dan ikan sarden.

Sementara untuk Dapur Umum Posko Balai Desa Plangkapan Kecamatan Tambak pada hari yang sama menyiapkan makan pagi dengan menu nasi putih, sayur buncis, sayur tahu dan semur daging sapi jumlah 775 bungkus.

“Untuk makan pagi Jumat kemarin, ada bantuan sebanyak 175 dua dari IDI Kabupaten Banyumas sehingga terdistribusikan sebanyak 950 bungkus. Sedangkan makan siang dan sore/malam sebanyak 750 bungkus,” tambah Ady Candra

Selain dari IDI bantuan masuk di Posko Plangkapan juga diterima dari SMA Negeri 1 Sumpiuh berupa Mie Instan, Komunitas Sedulur Saklawase Karangnanas Kecamatan Sokaraja berupa sayur mayur, bumbu dapur, beras, Mie Instan dan Baju layak pakai.

“Kami juga menerima donatur berupa beras dari orang yang tidak mau disebutkan namanya,” lanjutnya.

Para Petugas di dapur umum yang dikoordinir oleh Disospermasdes Kabupaten Banyumas, selain Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas juga melibatkan TAGANA Kabupaten Banyumas, Pramuka Peduli Kwarran Sumpiuh, Saka Wirakartika Kodim 0701/Bms, Pramuka Kwarran Tambak, PKK dan warga desa Plangkapan. (F28)*