Prarekonstruksi Penembakan Brigadir Yoshua Berakhir Setelah 1 Jam

Jakarta

Polri telah selesai melakukan prarekosntruksi penembakan Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo. Prarekonstruksi berakhir setelah 1 jam.

Prarekonstruksi digelar di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ) Polda Metro Jaya. Kegiatan itu dilakukan secara tertutup.

Prarekonstruksi diperkirakan dimulai sekitar pukul 20.40 WIB, Jumat (22/7/2022). Saat itu sejumlah anggota polisi telah berada di dalam ruangan Gedung BPMJ.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di luar gedung, polisi melakukan penjagaan ketat prarekostruksi. Awak media tidak diperkenankan mendekat ke area gedung BPMJ.

Pemantauan media hanya bisa dilakukan dalam radius 20 meter. Dari jarak itu nampak pergerakan polisi di dalam ruangan gedung BPMJ.

Ada Peragaan Menembak

Salah satu adegan itu tampak menggambarkan peristiwa penembakan. Dalam catatan foto adegan itu diambil menunjukkan waktu sekitar pukul 21.08 WIB.

Terlihat satu orang menaiki tangga di gedung BPMJ. Pria yang terlihat mengenakan kemeja bermotif garis putih itu juga nampak menodongkan benda yang diduga senjata api.

Dari tangga gedung BPMJ itu, pistol diarahkan ke bagian bawah. Satu anggota lainnya juga terlihat menodongkan pistol berada di lantai bawah gedung BPMJ.

Dipantau Langsung Dirtipidum Bareskrim Polri

Proses prarekonstruksi ini dipantau langsung oleh Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian dan juga Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi.

Sekitar pukul 21.40 WIB, Brigjen Andi Rian dan Kombes Hengki keluar dari lokasi prarekonstruksi. Namun, keduanya kompak menghindar wartawan dan tak berkomentar.

Brigjen Andi dan Kombes Hengki bergegas masuk ke dalam mobil. Mereka bungkam saat ditanya wartawan soal prarekonstruksi ini.

Hingga saat ini belum ada komentar lebih jauh dari Mabes Polri terkait gelar prarekonstruksi kasus penembakan Brigadir J. Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengaku belum mendapatkan informasi perihal kegiatan tersebut.

“Sudah saya tanyakan belum ada info,” kata Dedi saat dihubungi, Jumat (22/7/2022).

Baca di halaman selanjutnya: arahan Presiden Jokowi soal kasus penembakan Brigadir J.