Prediksi PDIP dan NasDem Tak Akan Berkoalisi

Jakarta

Ada dua hal yang diprediksi tidak mungkin terjadi di tahun politik 2024. Salah satunya adalah PDI Perjuangan (PDIP) yang dinilai tidak mungkin berkoalisi dengan Partai NasDem.

Hal tersebut diungkap oleh Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. Adi menyebut meskipun Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum NasDem Surya Paloh memiliki histori hubungan yang baik, tapi di 2024 diyakini tidak mungkin bersama.

“Sampai 2024, saya tidak mau cabut statement saya bahwa PDIP-NasDem haram hukumnya, sangat tidak mungkin berkoalisi bersama, itu yang saya sebutkan tidak kemungkinan,” kata Adi dalam acara Adu Perspektif yang disiarkan oleh detikcom berkolaborasi dengan Total Politik, Rabu (20/7/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sekalipun dulu ada korespondensi historisnya Bagaimana hubungan antara Mbak Mega dengan Pak Surya itu baik tetapi kau rasa-rasanya membaca menuju Jalan Panjang 2024 rumit membayangkan hubungan harmonis antara kedua partai ini,” tambahnya.

Adi menyebut jika diibaratkan makalah tentang kondisi kedua partai ini, maka judul yang pas yakni ‘panas dingin antara PDIP dengan Nasdem’.

“Cuma kan orang bertanya-tanya ‘kapan panasnya? kapan dinginnya? kalau dilihat dan diurai satu variabelnya ternyata hubungan partai ini jauh lebih banyak panasnya ketimbang dinginnya,” ucapnya.

Prediksi KIB Koalisi dengan PDIP Lawan NasDem

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari PAN, Golkar, dan PPP dinilai bakal melebur dan berkoalisi dengan PDIP. Mereka diprediksi bakal melawan NasDem di Pemilu 2024.

Simak video ‘KIB Diprediksi Akan Berkoalisi Dengan PDIP untuk Melawan NasDem’:

[Gambas:Video 20detik]

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: