PT NK Perbaiki Saluran Air Yang Rusak Akibat Proyek Pipa Pertamina

sibnews.info, Banyumas – Adanya saluran air yang tersumbat akibat pemasangan pipa Pertamina di lokasi samping utara jalan raya nasional Buntu timur Km 1 RT 04 RW 03 Desa Pageralang Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas kini oleh PT Nindya Karya (NK) dilakukan pengerukan tanah yang menutup disaluran air tersebut, Sabtu (19/3/2022).

Karena letak saluran air berada yang sama dengan lokasi pemasangan pipa maka ketika saluran air digali untuk penempatan pipa terjadi kerusakan saluran air dan ternyata saluran air tersebut oleh pekerjaan pemasangan pipa pertamina justru ditimbun dan tutup rapat dengan tanah, sehingga saluran air mampet total.

Padahal sebelum dilakukan pemasangan pipa pertamina kondisinya saluran air sudah ada pondasi dan cor semen.

Tertutupnya saluran air karena timbunan tanah galian proyek pemasangan pipa pertamina mengakibatkan beberapa rumah warga disekitar saluran menjadi tergenang air juga mengakibatkan air meluap hingga ke permukaan aspal jalan nasional yang tentunya mudah merusak permukaan Aspal serta tertutupnya saluran juga berakibat terhentinya air yang menuju ke sawah petani .

Setelah kini dilakukan pengerukan tanah oleh PT NK dilokasi saluran air yang tertutup maka nantinya tentunya secara fisik kondisi saluran air dikembalikan lagi untuk dicor seperti kondisi fisik saluran air seperti sebelum dilakukan penggalian pemasangan pipa pertamina oleh PT NK.

Andika selaku perwakilan dari PT NK kepada awak media Fokus Banyumas menjelaskan bahwa nantinya setelah dikeruk menggunakan eksavator maka bekas tanah galian akan dikembalikan lagi seperti sedia kala saat kondisi sebelum dilakukan penggalian pipa pertamina pipa pertamina.

Priyo selaku pengawas penggarapan perbaikan saluran air di lokasi tersebut menjelaskan pada awak media fokus Banyumas bahwa sekian waktu lamanya belum di lakukan perbaikan di saluran air yang tersumbat karena ditempat lain masih ada lokasi yang belum dilakukan pemasangan pipa Pertamina .

Namun Priyo berjanji setelah kini dilakukan penggalian tanah di lokasi saluran air yang tertimbun maka secepatnya akan terus dilakukan pekerjaan perbaikan kondisi fisik saluran air tersebut seperti sedia kala.

Rusmini warga yang rumahnya tergenang air karena tersumbatnya saluran air kini terasa lega karena saluran air yang tersumbat sudah dilakukan pengerukan dengan menggunakan eksavator.

whatsapp image 2022 03 19 at 23.22.17

Rusmini berharap selanjutnya fisik saluran air yang rusak dapat di lakukan perbaikan untuk dikembalikan seperti kondisi fisik aebelum di lakukan penggalian pemasangan. Pipa pertamina.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyuarakan mengenai keluhan saya ini, sehinggai saluran air yang tersumbat karena tertimbun tanah galian pemasangan pipa pertamina didepan rumah saya sudah ditindak lanjuti berupa pengerukan tanah serta saya ucapkan terima kasih juga pada PT NK yang telah berjanji bersedia untuk memperbaiki saluran air, agar secara fisik kembali seperti kondisi semula,” ucap Rusmini.

Setelah nantinya perbaikan saluran air sudah selesai diperbaiki seperti semula maka tentunya warga akan merasa nyaman kembali, permukaan jalan trersebut tidak lagi tergenang air sehingga nantinya permukaan aspal juga tidak cepat rusak serta petani pesawahan yang membutuhkan air di kala kemarau tidak mengeluh kekurangan air. ( F28).