Puan Dinilai Bakal Geser Ganjar-Anies Jadi Bacapres NasDem

Jakarta

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberi sinyal bahwa Ketua DPP PDIP Puan Maharani masuk radar bakal calon presiden (bacapres) yang bakal NasDem di 2024 usai keduanya menggelar pertemuan beberapa waktu lalu. Atas pertemuan itu, Puan dinilai masuk radar bacapres NasDem lewat ‘jalur khusus’.

Hal tersebut diungkap oleh Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. Adi bukan tanpa alasan menilai Puan masuk radar NasDem lewat ‘jalur khusus’ usai pertemuan PDIP-NasDem. Karena NasDem dalam rakernasnya telah memilih bacapresnya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Panglima TNI Andika Perkasa

“NasDem langsung goyang iman politiknya setelah dikunjungi Puan. Buktinya, NasDem menyebut Puan masuk radar pencapresan NasDem lewat jalur khsus, bukan rakernas,” kata Adi kepada wartawan, Rabu (24/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Itu artinya, untuk 2024 peta politik masih bisa berubah total. NasDem bisa pisah jalan atau bisa jalan bareng lagi dengan PDIP,” tambahnya.

Adi menyebut dengan masuknya Puan ke radar bacapres NasDem akan menggeser posisi Ganjar, Anies dan Andika yang sebelumnya dipilih dalam rakernas NasDem.

“Otomatis (Puan geser Ganjar, Anies, dan Andika). NasDem punya 4 capres jadinya, 3 capres melalui rakernas secara formal, 1 capres lagi melalui informal jalur khusus kunjungan Puan,” ucapnya.

Menurut Adi, pilihan NasDem pisah jalan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PDIP di 2024 merupakan pilihan rumit. Pilihan NasDem itu diibaratkan Adi sebagai perjudian ekstrem.

“Satu sisi NasDem juga terlihat ingin tetap di barisan pemerintah, tapi tak mau tersubordinasi oleh PDIP. Di sisi lain jika pun harus berpisah, menjagokan Anies di pilpres bukan solusi karena Anies elektabilitasnya masih tercecer jauh dari Ganjar dan Prabowo. Rumit bagi NasDem sebenarnya,” imbuhnya.

Simak video ‘Puan Masuk Radar Capres NasDem, Bakal Geser Anies-Ganjar-Andika?’:

[Gambas:Video 20detik]