Puluhan LPJU Dalam Kota Mati

puluhan lpju dalam kota mati

 pemeliharaan : petugas tengah melakukan pemeliharaan lpju yang mati ataupun rusak. /dimas prabowo/radarmas

pemeliharaan : petugas tengah melakukan pemeliharaan lpju yang mati ataupun rusak. /dimas prabowo/radarmas

PURWOKERTO РLampu penerangan jalan umum (LPJU) di beberapa ruas jalan yang ada di wilayah kota banyak yang mati. Masyarakat berharap pemerintah bisa segera melakukan perbaikan, karena  membahayakan terutama pada malam hari.

Berdasarkan pantauan Radarmas, sejumlah LPJU yang tidak berfungsi dengan baik. Seperti dari Sokaraja hingga perbatasan dengan Kabupaten Purbalingga, belasan lampu tidak berfungsi. Beberapa lampu di Jalan Jenderal Sudirman Timur di Berkoh juga tidak berfungsi. Selain itu, jalan Pramuka, Jalan Kolonel Sugiono, Jalan Suparno, hingga Jalan Gerilya, juga banyak yang tidak berfungsi.

Salah satu warga Purwokerto, Dwi Maulana mengatakan, sejak beberapa hari terakhir lampu jalan di dalam kota tidak berfungsi. “Sekarang sudah banyak lubang jalan. Apalagi kalau hujan, biasanya lubang jalan tertutup air. Sehingga membahayakan kalau tidak ada lampu penerangan,” katanya.

Warga Berkoh, Bagus mengatakan, di Jalan Jenderal Sudirman Timur setidaknya 4-5 lampu tidak stabil. Dia berharap pemerintah segera melakukan pemeliharaan. “Kadang lampunya nyala, tapi kadang juga mati. Padahal lampu penerangan di jalan-jalan lain normal,” katanya.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Banyumas Anton Adi Wahyono menegaskan, akan segera menindaklanjuti keluhan masyarakat tersebut. “Nanti akan kita teruskan ke bagian pemeliharaan lampu jalan untuk dicek dan diperbaiki,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih terus melakukan pemeliharaan lampu jalan di sejumlah wilayah di Kabupaten Banyumas. Untuk pemeliharaan lampu, dia mengatakan, akan disesuaikan dengan material yang tersedia. Pasalnya jika dibandingkan tahun lalu, alokasi pemeliharaan lampu jalan tahun ini menurun.

Dia menambahkan Dinas ESDM mendapat alokasi anggaran untuk pemeliharaan lampu penerangan sebesar Rp 500 juta. Pemeliharaan lampu penerangan jalan umum, dilakukan untuk memastikan lampu berfungsi secara normal.

“Saat hujan seperti ini lampu penerangan jalan membutuhkan pemeliharaan ekstra. Sebab seringkali komponen lampu rusak karena pengaruh hujan, seperti terjadi korslet dan karena petir,” katanya. (bay/sus)

Sumber: