Purwokerto Makin Cantik Dengan Lampu Bunga Matahari

purwokerto makin cantik dengan lampu bunga matahari

Lampu Jalan Segera Beroperasi

Purwokerto-Lampu penerangan jalan berbentuk Bunga Matahari bakal mempercantik wilayah perkotaan Purwokerto. Lampu-lampu tersebut mulai dipasang Jum'at (3/11) lalu.

Staf Seksi Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinhub Kabupaten Banyumas Harianto mengatakan, tujuan utama dipasangnya lampu tersebut adalah untuk penerangan jalan. Harianto menambahkan, selain untuk penerangan jalan, bentuknya yang cantik juga bertujuan untuk memperindah lingkungan. Lampu-lampu tersebut dapat memanjakan mata pengendara yang melintas, dan memperindah situasi jalan yang ramai.

lampu hias berbentuk bunga matahari terpasang di jalan jenderal sudirman purwokerto kemarin 911. setidaknya ada tiga titik penempatan lampu hias bunga matahari dengan tujuan mempercantik kotaMAKIN CANTIK : Lampu hias berbentuk Bunga Matahari terpasang di Jalan Jenderal Sudirman Purwokerto kemarin, (9/11). Setidaknya, ada tiga titik penempatan lampu hias Bunga Matahari dengan tujuan mempercantik kota. (DIMAS PRABOWO/RADAR BANYUMAS)

Hingga Kamis (8/11) kemarin, lampu memang belum menyala karena belum adanya saluran listrik dari PLN. Setelah dipasang, maka pihak Dinhub akan langsung mengaktifan lampu tersebut.

“Rencananya minggu depan lampu sudah mulai diaktifkan,” kata Harianto.

Saat ini, lampu jalan berbentuk bunga baru berjumlah delapan buah. Dipasang di sebelah barat Simpang Sawangan sebanyak 4 buah lampu. Sebelah utara Tugu Adipura sebanyak 3 buah. Dan di samping Patung Jenderal Gatot Subroto 1 buah lampu.

“Anggaran untuk pemasangan 8 buah lampu ini Rp 197.546.000,” katanya.

Dengan lampu yang unik itu, estetika lingkungan meningkat dan pencahayaan lebih memadai. Ia menjelaskan perawatan yang akan dilakukan adalah pengecatan secara rutin karena lampu terbuat dari bahan fiber yang jika terkena panas dan hujan berpotensi lapuk. Selain itu pihaknya juga akan mengecek sambungan kabel secara rutin agar lampu tetap menyala.

Di tempat terpisah, masyarakat menyambut baik adanya lampu penerangan yang cantik tersebut. “Bunganya bagus kalau siang, tapi kalau malam tidak terlihat karena lampunya belum menyala,” kata Ades Setia Rini warga Sawangan. Menurutnya, jika nanti lampu sudah menyala, pasti akan memperindah kota Purwokerto di malam hari. (ing/ttg)

Sumber: