Putin-MBS Bicara via Telepon Pekan Ini, Apa yang Dibahas?

Moskow

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) melakukan pembicaraan via telepon pekan ini. Apa yang dibahas oleh keduanya?

Seperti dilansir AFP, Jumat (22/7/2022), Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia menuturkan dalam pernyataannya bahwa percakapan telepon Putin dan MBS itu dilakukan pada Kamis (21/7) waktu setempat.

Percakapan telepon ini dilakukan kurang dari sepekan setelah MBS yang merupakan pemimpin de-facto Saudi bertemu langsung dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang berkunjung ke Saudi. Pertemuan MBS dan Biden itu menjadi yang pertama sejak kasus pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi memperburuk hubungan kedua negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Diungkapkan Kremlin bahwa Putin dan MBS dalam percakapan telepon itu membahas ‘secara detail situasi pasar minyak internasional’.

“Mereka menekankan pentingnya memperkuat kerja sama dalam OPEC+,” sebut Kremlin dalam pernyataannya, merujuk pada Organisasi Negara Pengekspor Minyak.

Kartel minyak OPEC yang dipimpin Saudi diketahui bekerja sama dengan sejumlah negara pengekspor minyak lainnya, termasuk Rusia, selama beberapa tahun untuk memperbaiki kendali atas pasar minyak.

Kelompok OPEC+ memberlakukan pengurangan produksi selama pandemi virus Corona (COVID-19) yang membantu pasar minyak pulih dari anjloknya harga di bawah nol.

Simak juga ‘Bertemu Putin-Raisi, Erdogan Minta Bantuan Lawan Teroris di Suriah’:

[Gambas:Video 20detik]