Ratusan Pramuka Siaga Dan Penggalang SD IT Annida Sokaraja Ujian SKU

sibnews.info, Banyumas – Ratusan Pramuka siaga dan penggalang mengikuti ujian SKU Rabu 15 Desember 2021 di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto. Kegiatan tersebut sebagai puncak dan evaluasi dari kegiatan latihan rutin pramuka yang dilakukan secara virtual setiap pekannya.

“Alhamdulillah, Kabupaten Banyumas Sudah level 1, sehingga kegiatan pengujian SKU dan Pelantikan pramuka Siaga Mula dan Penggalang Ramu dapat dilaksanakan dengan tatap muka langsung. Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat, dan dilaksanakan di tempat yang terbuka” kata Sony Pamela.S.Pd., Gr., Mabigus SD IT Annida Sokaraja.

Kegiatan ini diawali dengan apel pembukaan acara pengujian SKU dan pelantikan, dilanjutkan dengan pengumpulan Donasi Bumbung Kemanusiaan untuk korban erupsi Gunung Semeru. Sony menambahkan pengujian SKU Pramuka Siaga dan Penggalang dengan teknis setiap Barung Siaga Putra dan Putri setiap level kelas, memasuki warung-warung pengujian yang terdiri dari 5 warung siaga.

“Setiap Regu Penggalang Putra dan Putri setiap level kelas, memasuki Pos pengujian yang terdiri dari 5 Pos Penggalang,” katanya.

Bagi yang memenuhi syarat pada apel penutupan langsung diadakan pelantikan secara simbolis bagi siaga Mula dan Penggalang Ramu.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar sempat ada gerimis sebelum upacara pembukaan, anak didik sangat antusias mengikuti kegiatan pengujian SKU ini. Setelah sekian lama pelatihan pramuka dilaksanakan secara virtual, akhirnya bisa berlatih secara tatap muka langsung,” tambah Sony.

Menurutnya acara juga dimaksudkan untuk menguji keterserapan materi siaga dan penggalang yang telah dilaksanakan secara secara virtual rutin setiap pekan sejak bulan Agustus 2021.

“Mereka yang mengikuti pengujian SKU terdiri dari 66 Pramuka Siaga dengan rincian siaga putra 32 andik dan siaga putri 34 andik. Sedangkan Pramuka sebanyak 74 pramuka penggalang yaitu putra 42 andik dan Putri 42 andik mereka didampingi 7 pembina putra dan 16 pembina putri,” pungkasnya. | Penulis: Sutriyono, S.Pd.Sd. | Editor: Andy Ismer | (F12)*