Realisasi Bangub Tunggu DPA

realisasi bangub tunggu dpa

Ilustrasi
Realisasi bangub tunggu dpa 1

PURWOKERTO – Alokasi bantuan gubernur (bangub) Jawa Tengah untuk pembangunan infrastruktur jalan di Banyumas, tahun ini mencapai Rp 26,8 miliar. Realisasi aloaksi masih ditunggu pencairannya.

Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM) Akhmad Taufik mengatakan, Kabupaten Banyumas mendapat aloaksi bantuan gubernur sebesar Rp 26,8 miliar.

“Hal itu kita ketahui dari rapat terakhir bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk saat ini pihaknya masih menunggu realisasi alokasi. Pasalnya, dokumen penggunaan anggaran (DPA) bantuan gubernur belum turun. Menurut rencana, aloaksi anggaran akan digunakan untuk membangun 10 ruas jalan di Kabupaten Banyumas.

Dia mengatakan, salah satu ruas jalan yang akan ditangani menggunakan anggaran bangub yaitu ruas jalan Batuuraden Barat. Yaitu berupa pekerjaan pelapisan hotmix jalan sepanjang sekitar 1,8 kilometer. Sedangkan alokasi anggaran mencapai Rp 2 miliar.

“Untuk ruas jalan lainnya masih belum bisa disampaikan, karena masih menunggu DPA,” jelasnya.

Menurutnya, bila alokasi anggaran bangub cair, maka jumlah alokasi yang diterima tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu. Pada 2015 lalu, Kabupaten Banyumas menerima alokasi Rp 24,5 miliar. Bantuan tersebut digunakan untuk mengaspal tujuh ruas jalan.

Seperti diketahui, tujuh ruas jalan yang mendapat alokasi pembangunan dari anggaran bangub di antaranya ruas Randegan – Bojongsari di Kecamatan Wangon, ruas Dukuhwaluh – Silado penguhubung Kecamatan Sumbang dan Kecamatan Kembaran, Ruas Prompong -Baturraden di Kecamatan Baturraden. Lalu Ruas jalan lainnya yaitu Kamulyan – Watuangung di Kecamatan Tambak, Ruas Sumpiuh – Karanggaedang di Kecamatan Sumpiuh, Ruas Sokawera – Sumpiuh di Kecamatan Sumpiuh, serta Jalan Pengadegan di Wangon.

Lebih lanjut dikatakan, sejak 2014 lalu, alokasi bantuan gubernur untuk peningkatan ruas jalan di Banyumas selalu mengalami peningkatan. Dari data yang ada, pada tahun 2014 Kabupaten Banyumas mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 23 miliar. (bay/sus)

Sumber: