Reklamasi TPA Dilakukan Secara Bertahap

reklamasi tpa dilakukan secara bertahap

0img reklamasi tpaDILAKUKAN BERTAHAP : Reklamasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Tugel dan Ajibarang dilaksanakan bertahap, yang sudah dimulai sejak Januari 2020.

PURWOKERTO – Reklamasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Tugel dan Ajibarang dilaksanakan secara bertahap.

Walaupun sudah di-reklamasi sejak tahun 2019 kemarin, namun karena masih ditempati membuang sampah, akhirnya dilakukan reklamasi kembali di bulan Januari 2020 sampai saat ini, Selasa (11/2).

Baca juga : Terapkan Konsep Baru, TPST Desa Wlahar Wetan Telan Dana Rp 30 Miliar

Proses reklamasi yang dilakukan juga sudah hampir masuk tahap finishing.

“Mulai dilaksanakan sejak bulan Januari, tetapi sebenarnya itu sudah mulai dari tahun 2019 dan sudah selesai, tetapi akhirnya ada yang buang ke sana lagi. Akhirnya, Pak Bupati sidak bahwa ini harus ditutup. Apalagi kalau sudah ditutup-kan, juga tidak mudah terbakar,” ujar Ngadimin, Kabid Kebersihan DLH Banyumas.

Ngadimin menambahkan, dasar dari reklamasi tersebut untuk membuat masyarakat yang berada di sekitar TPA aman dan terbebas dari bau. Maka dari itu, akan secepatnya diselesaikan.

“Secepatnya bisa diselesaikan, karena itu reklamasi cuma penutupan dari kebersihan. TPA Gunung Tugel dan Ajibarang secara bertahap. Kemarin-kan sampahnya bau dari buangan, akhirnya ditutup. Tetapi, kami tidak sampai menanam, bidangnya-kan berbeda. Kita-kan cuma menutup biar aman dari bau,” imbuhnya.

Baca juga :

Menurutnya, pelaksanaan reklamasi akan dilakukan pengecekan lagi. Bahkan, jika TPA tersebut masih bau, hanggar di TPA itu akan ditutup dan tak boleh digunakan terlebih dahulu. (win)

Sumber: