Resmikan Kampung Susun di Cakung, Anies Harap Penggusuran Tak Terjadi Lagi

Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di Jakarta Timur untuk korban gusuran Kampung Bukit Duri pada 2016. Kampung susun ini dibangun selama 10 bulan sejak Oktober 2021.

“Tanggal 7 Oktober 2021 kita berkumpul di tempat ini, lahannya kosong. Pada waktu itu kita mulai pencanangan Kampung Susun ini. Saat itu, penantian panjang sejak September 2016 dimulai ketika melihat cahaya di ujung terowongan, tapi belum sampai di ujung terowongan. Hari ini alhamdulillah sebuah ikhtiar mengembalikan harkat, martabat, dan hak warga bisa kita tuntaskan bersama,” kata Anies Baswedan di Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jalan Kavling DPR, Kp Pulo Jahe, Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (25/8/2022).

Anies mengatakan pembangunan kampung susun ini merupakan bentuk kolaborasi pemerintah dan warganya. Tahapan dimulai dengan diskusi panjang, membuat desain, hingga menentukan lokasi, rumah susun dilakukan secara bersama-sama melibatkan seluruh pihak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Ini juga dijalankan sama-sama. Ini prosesnya panjang sampai groundbreaking bulan Oktober tahun lalu. Artinya, dari kita jalani rancangan putusan mencari lokasi dana, semua berjalan lancar. Ini bukan lambat tetapi pelan. Seluruh prosedur diikuti benar supaya tidak ada ruang di kemudian hari yang menimbulkan masalah,” ujarnya.

Anies kemudian menyinggung masa-masa rumah warga Bukit Duri digusur karena terdampak proyek normalisasi sungai Ciliwung pada 2016. Anies mewanti-wanti jangan sampai peristiwa itu terulang.

“Kita harus bersyukur, negara harus berjanji kita tidak boleh mengulangi peristiwa yang terjadi di Bukti Duri. Ini harus jadi komitmen kita,” tegasnya.

Anies memandang rencana pembangunan harus bisa dikomunikasikan dengan baik kepada warganya dengan tidak memakai kekerasan. Dia lantas meminta agar peristiwa pada 2016 dijadikan sebagai pembelajaran.

“Pemprov DKI juga begitu. Tidak bisa lagi kita melakukan tindakan seperti kita saksikan di tempat itu. Itu sudah jadi sejarah, kita ambil hikmahnya,” tegasnya.

“Ke depan kita pastikan bahwa semua rencana pembangunan yang dikerjakan harus bisa dikomunikasikan dan diberikan jalan keluar untuk rakyat agar bisa seperti ini. Apa sulitnya ini dibahas pada tahun itu? Tenang semua bukan? Semua punya kesempatan,” tambahnya.

Spesifikasi Kampung Susun Cakung

Anies menjelaskan, Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung berdiri di lahan seluas 4.000 meter persegi, memiliki 75 unit hunian yang terdapat di dalam 3 blok. Kampung susun itu juga dilengkapi oleh fasilitas lainnya, seperti 4 aula, rooftop, hingga kios UMKM.

Bangunan kampung susun mengusung konsep kampung susun produktif, di mana warga disediakan ruang untuk beraktivitas ekonomi sesuai keterampilannya. Konsep ini, menurut dia, diputuskan dengan menyesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19.

Lihat video ‘Suasana Kampung Akuarium Saat Ini yang Akan Dibangun Anies’:

[Gambas:Video 20detik]

(taa/yld)