Ritual Basuh Kaki Sebelum Ujian

ritual basuh kaki sebelum ujian


HARU : Siswa kelas 6 mencuci kaki orangtuanya untuk meminta doa restu sebelum ujian./DIMAS PRABOWO/RADARMAS
Ritual basuh kaki sebelum ujian 1

PURWOKERTO – Suasana haru dan isak tangis terdengar di SDN 2 Karangwangkal, Kamis (17/3) kemarin. Tidak hanya siswa, tapi orang tua juga terlihat menitikkan air mata. Pemandangan ini terlihat saat 17 siswa kelas 6 membasuh kaki orang tuanya, untuk meminta restu sebelum menempuh ujian.

Guru kelas 6, Endang Musprihatin Sribastuti mengatakan, membasuh kaki orang tua merupakan kegiatan unggulan yang sudah dilakukan sejak 2002. Kegiatan tersebut dikemas dengan acara inti yakni khatam Alquran.

“Acaranya khatam Alquran untuk siswa. Namun sebelum itu, anak-anak membasuh atau mencuci kaki orang tua terlebih dahulu,” jelasnya.

Kegiatan itu, lanjut dia, bertujuan untuk mendidik anak agar meningkatkan iman dan takwa. Khatam Alquran juga mengajarkan anak lebih lancar membaca Alquran. Sebab di SDN 2 Karangwangkal, siswa kelas 6 harus khatam Alquran.

“Kalau mereka sudah khatam Alquran, jika akan melanjutkan ke MTS tentu akan lebih mudah,” ujarnya.

Endang menuturkan, di SDN 2 Karangwangkal memang sudah dibiasakan untuk membaca Alquran. Untuk kelas 1 dimulai dengan membaca iqro 1 hingga 6. Kelas 2 hingga kelas 4 membaca juz amma, kelas 5 dan kelas 6 membaca Alquran.

“Ditargetkan, sebelum ujian mereka sudah khatam,” katanya. (ida/sus)

Sumber: