Rombongan Penyidik KPK Pantau Sidang Praperadilan Mardani Maming

Jakarta

KPK menerjunkan tim penyidik dalam sidang lanjutan praperadilan mantan Bupati Tanah Bumbu, Mardani Maming, yang digelar hari ini di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (Jaksel). Rombongan penyidik KPK hadir untuk memantau jalannya persidangan.

Dari pengamatan detikcom di lokasi, Senin (25/7/2022), 9 penyidik KPK berdiri di pintu masuk Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, sejak pukul 10.00 WIB. Tim penyidik mengenakan rompi krem bertulisan ‘KPK'.

Tim penyidik kemudian berjalan ke arah ruang utama sidang praperadilan Mardani Maming. Tim penyidik terlihat ada yang memantau di luar dan dalam ruang sidang. Diketahui, agenda persidangan hari ini adalah mendengar keterangan ahli dari pemohon.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebelumnya, pada Jumat (22/7), KPK juga menerjunkan tim penyidik ke PN Jakarta Selatan. Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan tim penyidik KPK hadir dalam sidang praperadilan Mardani Maming di PN Jaksel. Ali menyebut kehadiran tim penyidik dalam rangka memantau persidangan.

“Dari informasi yang kami terima, benar bahwa tim penyidik KPK hadir dalam sidang praperadilan di PN Jakarta Selatan, terkait dugaan TPK (tindak pidana korupsi) perizinan tambang Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Ali kepada wartawan, Jumat (22/7)

“Kehadiran tersebut dalam rangka memantau persidangan,” sambungnya.

Ali menjelaskan KPK telah memperoleh informasi terkait adanya pihak-pihak yang ingin melakukan intervensi terhadap proses praperadilan Mardani Maming. Meski demikian, KPK yakin hakim akan memeriksa praperadilan secara independen.

“Karena kami memperoleh informasi adanya pihak-pihak yang sengaja ingin melakukan intervensi terhadap proses praperadilan yang sedang berlangsung,” ujar Ali.

“Kami yakin, hakim akan menjalankan tugasnya secara profesional dan independen serta objektif dalam memeriksa dan memutus permohonan praperadilan dimaksud,” tambahnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.