Roy Suryo Mengaku Diteror Usai Bongkar Akun Penyebar Meme Stupa

Jakarta

Roy Suryo meminta perlindungan saksi dan korban kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) usai mendapatkan teror. Roy Suryo mengaku serangan teror itu ia rasakan setelah membongkar akun penyebar meme stupa Candi Borobudur.

Roy Suryo mengatakan dirinya meminta perlindungan ke LPSK tak lama setelah membuat laporan ke Polda Metro Jaya pada 16 Juni 2022. Laporan tersebut, terkait 3 akun yang mengunggah pertama kali meme stupa Candi Borobudur.

“Sama sekali nggak (khawatir jadi tersangka), karena justru kami itu LPSK sebelum dilaporkan saya sudah ajuin ke LPSK. Dan kenapa? Karena kami itu menunjuk akun, akun kan ada orang ya. Meskipun akun itu ibaratnya bukan akun riil istilahnya anonim, tapi kan tetap ada orang di baliknya,” ujar Roy Suryo di Kantor LPSK, Jakarta Timur, Kamis (21/7/2022). Roy Suryo menjawb pertanyaan apakah permintaan perlindungan itu karena khawatir dijadikan tersangka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Roy Suryo menyebut pengajuan tersebut sebagai antisipasi jika nantinya diserang oleh orang-orang di balik akun.

“Dan ketika saya tahu orang di baliknya siapa, mungkin saja ada serangan, dan serangan itu terjadi kepada saya. Bahkan, saya sampaikan detail kepada LPSK saat beberapa pertemuan yang lalu, detail banget. Teror-teror yang sampai ke saya,” ujarnya.

Roy Suryo menjelaskan teror yang datang mulai dari isu pemecatan dari keluarga keraton hingga fitnah di media sosial.

“Saya banyak sekali mengalami teror. Bukan hanya teror secara media sosial, ada beberapa media abal-abal, saya sebut begitu ya, yang dengan sangat sadis itu sudah memfitnah, bahkan menyatakan saya dipecat dari keluarga Keraton di Jakarta dibikin arak-arakan dan lain-lain, itu fitnah,” ujar Roy Suryo.

Roy Suryo juga mengklaim menerima teror secara ‘nonteknis’. Ancaman juga datang kepada keluarganya.

“Jadi bukti-buktinya ada semua, yaitu teror kepada saya, bahkan teror yang sifatnya nonteknis. Saya tidak bisa menceritakan apa itu teror nonteknis, ya itu saya alami, keluarga saya juga mengalami hal semacam itu,” ungkapnya.

Simak video ‘Roy Suryo Minta Perlindungan LPSK, PMJ: Tak Pengaruhi Proses Penyidikan’:

[Gambas:Video 20detik]

Baca di halaman selanjutnya: rekomendasi LPSK dan jawaban polisi.