Roy Suryo Syok Jadi Tersangka, Elza Syarief: 3 Hari Tak Bisa Tidur

Jakarta

Roy Suryo sudah mengetahui dirinya ditetapkan sebagai tersangka kasus meme stupa Borobudur sebelum akhirnya diperiksa Jumat (22/7) kemarin. Pengacara Elza Syarief mengatakan Roy Suryo sampai tak bisa tidur berhari-hari karena syok.

“Dia nggak terlalu banyak omong. Mungkin syok atau apa, jadi banyak diam,” kata Elza saat dihubungi, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Elza, kliennya belum memberikan komentar khusus setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus meme stupa Candi Borobudur. Roy Suryo pun disebut mengalami kesulitan tidur dalam beberapa hari terakhir.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Nggak ada (komentar khusus). Kita kan tahu udah tersangka, mungkin dia mikir, jadi nggak tidur,” jelas Elza.

Elza mengatakan sejauh ini pihaknya pun belum memikirkan langkah hukum atas penetapan tersangka kepada Roy Suryo. Elza menyebut pihaknya masih fokus dalam penyelesaian agenda pemeriksaan Roy Suryo sebagai tersangka sebelum mengambil langkah hukum selanjutnya.

“Kita selesaikan dulu BAP-nya. Kita apresiasi Polda ya kita merasa nyaman dengan penyidik. Semuanya baik-baik juga. Cuma Pak Roy ini saya ngobrol-ngobrol sama istrinya bilang tiga hari loh nggak bisa tidur mikirin ini,” terang Elza.

Roy Pingsan-Muntah Saat Diperiksa

Elza mengakui Roy Suryo dalam keadaan tidak sehat saat menjalani pemeriksaan tersangka pada Jumat (22/7) kemarin. Mantan Menpora itu disebut mengalami kesulitan tidur selama tiga hari terakhir.

“Saya denger dari istri ya dia itu tiga hari mungkin mikir dia jadi tersangka ya, saya nggak tahu pikirannya apa ya. Pokoknya tiga hari nggak bisa tidur. Terus saya hibur-hibur dia, ajak makan segala macam, tapi kayaknya kurang nafsu,” katanya.

Roy Suryo pun sempat mengalami muntah-muntah ketika diperiksa di ruangan penyidik. Elza menyebut Roy Suryo juga sempat pingsan ketika menjalani proses pemeriksaan tersangka.

“(Ketika) di-BAP (berita acara pemeriksaan) saya pergi dulu kan ada lawyer banyak. Terus pas saya balik, dibilang Pak Roy-nya drop, sempat pingsan,” kata Elza.

“Ternyata mungkin nggak tidur atau apa, (Roy Suryo) muntah di ruang polisi,” tambahnya.

Polisi Siapkan Pemeriksaan Lanjutan

Pihak kepolisian menyebut pemeriksaan itu belum rampung. Roy Suryo akan diperiksa kembali pada Kamis (28/7)

“Masih akan kita lanjutkan untuk pemeriksaan dalam status tersangka. Karena kemarin yang bersangkutan meminta untuk berhenti pemeriksaan karena merasa kurang sehat,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi detikcom.

Pihak kepolisian memaklumi kondisi dari Roy Suryo yang sempat drop saat pemeriksaan pada Jumat (22/7). Pemeriksaan akan dilakukan kembali ketika kondisi kesehatan Roy Suryo telah membaik.

Dia mengatakan pemeriksaan tersangka kepada Roy Suryo dibutuhkan untuk melengkapi kelengkapan berkas perkara. Polisi akan segera melakukan pemeriksaan lanjutan kepada Roy Suryo dalam waktu dekat.

“Untuk pemeriksaan sebagai tersangka belum selesai jadi nanti akan kita lanjutkan lagi,” jelas Zulpan.

Simak Video ‘Buntut Meme Stupa, Roy Suryo Jadi Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/mei)