Ruang Pohon Peneduh Terbatas

ruang pohon peneduh terbatas

PURWOKERTO – Program penghijauan tepi jalan yang berada di kawasan perkotaan Purwokerto menemui kendala. Pasalnya, ada beberapa ruas jalan yang saat ini tidak memiliki ruang untuk penanaman pohon peneduh baru.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Kabupaten Banyumas Zahnir mengatakan, berdasarkan pendataan yang dilakukan saat ini ada sekitar sepuluh sampai 20 ruas jalan yang tidak memiliki ruang penanaman pohon.

Antara lain Jalan dr Angka bagian barat, Jalan Kolonel Sugiri, Jalan Kolonel Sugiono, Jalan Kesatrian, dan hingga Jalan Wahid Hasyim. Menurutnya, jalan-jalan tersebut tidak menyisakan bahu jalan untuk penanaman pohon baru, karena telah dilapisi aspal.

“Jalan-jalan tersebut saat ini kondisinya memang cukup gersang, karena tidak memiliki pohon peneduh. Walaupun ada program penghijauan, tetapi kita tidak bisa melakukan penanaman pohon karena tidak ada ruang,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, tahun lalu sempat dilakukan penanaman pohon di beberapa ruas jalan tersebut. Namun akhirnya dipindahkan kembali, karena tidak bisa menabrak aturan dengan melakukan penanaman pohon di aspal.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya berencana menanam pohon dengan media pot. Pot tersebut akan diletakkan di sepanjang trotoar jalan. Penanaman dengan media pot akan dilakukan bertahap menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Lebih lanjut dia mengatakan, karena keterbatasan ruang yang tersedia, pihaknya fokus penghijauan di wilayah pinggiran kota. (bay/sus)

Sumber: