Rumah di Lombok Rusak Akibat Gempa M 5,8

Jakarta

Sebuah rumah di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), rusak setelah diguncang gempa bumi magnitudo (M) 5,8 yang terjadi pada sore tadi. Gempa tersebut terjadi di Bali dan getarannya dirasakan hingga NTB dan Banyuwangi, Jawa Timur.

“Dari laporan sementara, baru satu rumah yang rusak dampak gempa tadi sore,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah, H Ridwan Ma’ruf, seperti dilansir Antara, Senin (22/8/2022).

Rumah yang rusak itu berlokasi di BTN Mandalika, Desa Batunyale, Kecamatan Praya Tengah, Lombok. Rumah itu mengalami kerusakan pada plafon dan dinding atas kamar tidur dan kios. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Untuk bantuan kepada korban pasti akan diberikan setelah anggota selesai melakukan pendataan terhadap kerusakan yang ditimbulkan tersebut. Belum ada korban jiwa dampak gempa itu,” katanya.

Di tempat terpisah, korban HM Hamdiana mengatakan, pada saat gempa bumi terjadi pukul 16.30 Wita, dirinya sedang menonton televisi sendirian karena istrinya sedang pergi ke Mataram. Dia mengatakan saat itu dia merasa ada goyangan sehingga ia ke luar rumah.

“Setelah keluar, baru gempa keras sekali. Sehingga dinding bagian atas rusak dan plafon rumah ikut ambruk. Untuk sementara kita akan mengungsi,” katanya.

Gempa M 5,8 di Kuta Bali

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat NTB tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya pasca-gempa bumi magnitudo 5,8 yang mengguncang daerah setempat.

Lihat juga video saat ‘Halmahera Barat Diguncang Gempa M 5,9’:

[Gambas:Video 20detik]

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.