Rumah Penerima Raskin Akal Ditempel Stiker

rumah penerima raskin akal ditempel stiker

PURWOKERTO – Untuk menghindari adanya penerima raskin yang tidak tepat sasaran, Pemkab Banyumas akan membuat stiker khusus. Stiker akan ditempelkan di tiap rumah penerima raskin.

Kabag Perekonomian Setda Banyumas Sugiyanto mengatakan, saat ini pembagian raskin di Banyumas hampir seluruhnya masih dibagi rata. Padahal data penerima raskin sebanyak 124.422 Rumah Tangga Sasaran (RTS), dan masing-masing menerima 15 kilogram.

“Kita rencananya mau membagi stiker bagi penerima raskin. Stiker akan dipasang pada rumah penerima sebagai penanda bahwa pemilik rumah berhak memperoleh raskin. Ini untuk mengantisipasi tepat sasaran, sehingga yang mampu dan menerima raskin menjadi malu. Biarkan masyarakat yang menilai,” kata Sugiyanto.

Dijelaskan, pemasangan stiker sekaligus untuk sosialisasi raskin agar dijalankan sebagaimana mestinya. “Artinya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dipahami betul, raskin itu harus dijalankan sesuai dengan aturan,” jelasnya.

Menurutnya, selama ini banyak masyarakat yang belum paham tentang program raskin. Padahal jika mengacu pada aturan, syarat pembagian raskin harus enam tepat. Yakni tepat sasaran, tepat jumlah, tepat tempat, tepat harga, tepat administrasi dan tepat kualitas.

Namun menurut Sugiyanto, rencana tersebut baru sebatas wacana. Jika memungkinkan, akan mulai dibagikan 25 Februari hingga 28 Februari. “Stiker baru wacana. Stikernya sendiri juga belum ada. Tapi jika bisa direalisasikan akan ditulis penerima raskin,” katanya.

Berdasarkan data Bagian Perekonomian, jumlah penerima raskin tahun ini tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya, yakni 124.422 RTS. Sedangkan jumlah raskin yang disalurkan 22.395.960 kilogram. (why/sus)

Sumber: