Rumah Sarikin Sutomo Warga Grumbul Karangjambe Watuagung Terkena Longsor

sibnews.info, Banyumas – Peristiwa longsor terjadi di wilayah RT 05 RW 03 Ds Watuagung Grumbul karangjambe, Kecamatan Tambak telah terjadi Bencana Alam Tanah Longsor, Senin (13/12/2021), sekitar pukul 03.00 WIB. Longsoran tanah menimpa rumah Sarikin Sutomo (52 th) pekerjaan petani, dilaporkan ke Polsek Tambak pukul 07.00 WIB.

Kronologi kejadian pada Senin tanggal 13 Desember 2021 dimulai sekitar pukul 03.00 wib masih terjadi hujan lebat dan Sarikin Sutomo mendengar suara keras seperti tanah longsor, setelah dicek ternyata telah terjadi tanah longsor yabg menimpa rumahnya. Selanjutnya ia memanggil Muhrodin (70 tahun) dan warga sekitar untuk mendatangi longsoran tersebut.

Adapun rumah yang tertipa longsoran tanah berukuran 5×9 m dengan bangunan rumah pondasi dan tiang sudah cor, dinding dari papan, dan atap dari seng masih dalam proses pembangunan.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini, kerugian materiil berupa satu rumah tertimpa longsoran tanah, kerugian kurang lebih Rp. 20 juta

Peristiwa tersebut akibat hujan lebat di wilayah Kecamatan Tambak dengan curah hujan tinggi mulai hari Minggu sekitar pkl 21.30 WIB, selain itu posisi rumah korban tepat berada di tepi tebing tanah dengan ketinggian kurang lebih 12 m.

Kemungkinan akan terjadi tanah longsor susulan jika kembali terjadi hujan lebat di wilayah Kecamatan Tambak mengingat letak geografis Desa Watuagung merupakan dataran tinggi. Meski rumah yang tertimpa tanah longsor belum ditempati mengingat masih dalam proses pembangunan. | Penulis: Parsito Tommy, Editor: Andy Ist Merdeka | (F12)*