Rusia Hancurkan 6 Rudal Canggih HIMARS Ukraina Buatan AS

Moskow

Rusia mengklaim telah menghancurkan enam unit sistem rudal HIMARS sejak awal konflik di Ukraina. Sistem rudal HIMARS buatan Amerika Serikat (AS) itu dikirimkan secara khusus untuk membantu pasukan Ukraina melawan invasi Rusia.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (2/8/2022), klaim tersebut disampaikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu dalam pernyataan terbaru pada Selasa (2/8) waktu setempat yang dikutip kantor berita Interfax.

Dalam pernyataannya, Shoigu juga menyebut pasukan Rusia telah menghancurkan lima unit sistem peluncuran rudal antikapal Harpoon dan 33 artileri howitzer M777 sejak Moskow mengerahkan puluhan ribu tentaranya ke Ukraina pada 24 Februari lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Reuters tidak bisa memverifikasi secara independen klaim-klaim Rusia itu.

Belum ada tanggapan resmi dari otoritas maupun militer Ukraina terhadap pernyataan Shoigu itu.

Para pejabat Ukraina sebelumnya menyatakan pasukannya mengoperasikan hingga selusin sistem rudal HIMARS, yang akurasi dan jangkauan jarak jauhnya telah memungkinkan Kiev untuk mengurangi keunggulan artileri Rusia.

Dalam pernyataan via saluran Telegramnya pada Senin (1/8) waktu setempat, seperti dilansir kantor berita Rusia TASS, Menhan Ukraina Alexey Reznikov mengumumkan bahwa empat unit tambahan sistem rudal HIMARS telah dikirimkan ke Ukraina dari AS.

“Empat peluncur HIMARS telah tiba di Ukraina. Saya sangat berterima kasih pada Presiden AS Joe Biden,” tulis Reznikov dalam pernyataanya.

Lihat juga Video: Ladang Gandum Siap Panen di Kharkiv Terbakar, Rusia Dicurigai

[Gambas:Video 20detik]