Sambangi Pasar Cibinong Bogor, Mendag Zulhas Cek Harga Bahan Pokok

Jakarta

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) meninjau Pasar Cibinong, Bogor. Zulhas hendak mengecek harga bahan pokok di sana.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (22/7/2022), Zulhas tiba pukul 07.30 WIB. Setibanya di Pasa Cibinong, Zulhas masuk dan berkeliling pasar.

Zulhas terlihat berinteraksi dengan pengunjung dan pedagang di pasar. Dia menanyakan harga-harga beberapa bahan pokok di pasar tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Minyak berapa harganya, cabai berapa, bawang berapa?” tanya Zulhas kepada pedagang pasar. Pertanyaan tersebut disambut antusiasme pedagang pasar yang kompak menjawabnya.

Zulhas kemudian terlihat membayar belanjaan sejumlah pembeli. Di antaranya membayarkan cabai, bawang, minyak goreng, hingga ayam potong.

Pada kesempatan yang sama, sejumlah ibu-ibu juga terlihat mengajaknya berswafoto. Mereka nampak senang berfoto dengan Zulhas

Zulhas mengatakan harga-harga kebutuhan pokok sudah mulai turun. Termasuk harga minyak goreng curah di Jawa dan Bali.

“Alhamdulillah sekarang kelihatan harga-harga sudah jauh lebih turun. Jadi kalau minyak goreng curah itu dimana-mana, bahkan di Jawa-Bali sudah di bawah Rp 14 ribu. Rata-rata Rp 13-13,5 ribu,” kata Zulhas kepada wartawan usai berkeliling di Pasar.

“Nah kalau Rp 14 ribu itu dia pakai botol itu. Jadi kita alhamdulillah sudah berhasil, minyak, minyak sayur, minyak curah, atau kemasan sederhana dengan harga Rp 14 ribu atau di bawah harga Rp 14 ribu,” tuturnya.

Untuk di wilayah Papua dan Maluku, Zulhas masih berupaya menurunkan harga minyak. Di sana, lanjutnya, harga minyak masih berkisar di angka Rp 23 ribu.

“Saya akui yang di Papua memang lagi kita persiapkan, kita kirim jumlah besar di Papua dan Maluku, kerja sama dengan Pelni untuk kirim besar-besaran agar turun (harganya). Di sana masih mahal, masih Rp 23 ribu. Memang di sana nggak ada minyak curah, susah kan ngirimnya,” ungkapnya.

Simak Video ‘Kala Jokowi Sentil Mendag Zulhas gegara Promosi Anaknya’:

[Gambas:Video 20detik]

(dek/dek)