SBY Cerita Pengalaman Tangani Bencana Tsunami Aceh dan Krisis Global 2008

Jakarta

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menceritakan dua pengalamannya dalam menangani bencana dan krisis ekonomi global di peringatan HUT ke-77 RI. SBY mengatakan Indonesia merupakan bangsa yang tangguh sehingga bisa melalui berbagai tantangan.

“Pertama adalah kebersamaan dan ketangguhan kita dalam menghadapi bencana tsunami akhir 2004. Bencana terdahsyat di dunia di awal abad 21. Serta bencana-bencana lain seperti gempa Jogja dan gempa Padang yang skalanya besar,” kata SBY dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/8/2022).

SBY mengatakan saat itu dirinya menjalankan kepemimpinan dan manajemen krisis. Dia mengapresiasi kebersamaan dan kerja keras bangsa Indonesia yang luar biasa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Akhirnya alhamdulillah bencana bisa kita atasi dan semua daerah yang terkena bencana bisa kita bangun kembali,” ujar SBY.

Pengalaman kedua yang diceritakan SBY adalah ketika Indonesia terdampak krisis ekonomi global. Menurut SBY, Indonesia berhasil melalui krisis itu berkat persatuan bangsa.

“Contoh yang kedua adalah ketika Indonesia terdampak oleh krisis ekonomi global tahun 2008 dan 2009. Krisis yg merontokkan ekonomi hampir semua negara. Lagi-lagi kita tidak panik, tidak kehilangan semangat dan kehilangan akal, dan tidak menyalahkan keadaan,” ujar SBY.

“Kita bersatu dan bekerja bersama, mulai dari pemerintah pusat, dan pemerintah daerah, para ekonom, para pelaku bisnis, para organisasi pekerja, pers dan media, dan masyarakat luas. Itulah kebersamaan kita, persatuan kita,” sambung SBY.

Simak juga video ‘SBY Bicara Kekhawatiran Pecahnya Perang Dunia Ketiga’:

[Gambas:Video 20detik]

(knv/zap)