Seorang Nelayan Hilang Saat Cari Ikan di Perairan Pulau Peucang Pandeglang

Jakarta

Seorang nelayan dilaporkan hilang saat mencari ikan di Perairan Pulau Peucang, Pandeglang, Banten. Nelayan tersebut bernama Dirman (30) warga Kampung Cicadas, Labuan.

“Kantor SAR Banten menerima info hilangnya 1 ABK KM Sumber Sari 2 dengan nama Dirman (30) alamat Kampung Cicadas, Labuan, Banten. Kapal tersebut sedang mencari ikan di sekitaran Pulau Peucang dan dinyatakan hilang pada Sabtu (23/7) pukul 01.00 WIB,” kata Kepala Kantor SAR Banten Adil Trianto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/7/2022).

“Mereka sedang memancing tiba-tiba ada suara benda jatuh, dan jurumudi memeriksa dan mengumpulkan semua crew tapi kurang 1 orang, dan jurumudi memutuskan melakukan pencarian di sekitaran lokasi. Tapi korban tidak ditemukan,” tambahnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Adil mengatakan dalam pencarian, tim SAR gabungan melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian dengan keluarga korban dan nakhoda kapal. Menurutnya, pencarian pada hari pertama belum menemukan hasil.

“Namun, pada pencarian hari ini tim SAR gabungan belum menemukan korban yang hilang tersebut dan akan dilanjutkan esok hari,” ucapnya.

Dia menyebut dalam pelaksanaan pencarian terganggu oleh cuaca yang cukup beragam di sekitar Pulau Peucang. Sebab di lokasi pencarian memang berbatasan dengan Samudera Hindia.

“Saat pencarian tim SAR gabungan terkendala oleh kondisi laut yang bergelombang hingga 1,5 meter membuat jarak pandang khususnya yang berada di alat yang digunakan pencarian menjadi terbatas,” ujarnya.

Adil mengatakan proses pencarian akan dilanjutkan besok pagi dengan memperluas pencarian ke pesisir pulau. Ia berharap korban bisa segera ditemukan.

“Pada hari kedua besok kami akan memperluas pencarian di Pulau Panaitan dan pesisir Pulau Peucang, dan akan menyebarkan informasi melalui nelayan yang sedang mencari ikan di sekitaran perairan Sumur dan semoga besok korban segera ditemukan,” imbuhnya.

(fas/fas)