Siapa Kuat Ma’ruf Sebenarnya? Sopir Sambo yang Sempat Coba Kabur

Jakarta

Siapa Kuat Ma’ruf? Sosok Kuat Ma’ruf disebut terlibat dalam kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Kuat Ma’ruf juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam tewasnya Brigadir J.

Lantas, siapa sebenarnya Kuat Ma’ruf? Simak informasinya di bawah ini.

Kuat Ma’ruf adalah sopir pribadi Irjen Ferdy Sambo. Kuat disebut sudah lama bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) di keluarga Sambo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain itu, Kuat merupakan orang kepercayaan Sambo dan keluarganya. Kuat juga diberi kekuasaan (power) lebih, bahkan di atas ajudan Ferdy Sambo yang merupakan anggota Polri. Hal tersebut lantaran Kuat sudah lama menjadi bagian dari keluarga Sambo.

siapa kuat ma'ruf? sosok kuat ma'ruf disebut terlibat dalam kasus penembakan brigadir j. ia juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam tewasnya brigadir j.Siapa Kuat Ma’ruf? Sosok Kuat Ma’ruf disebut terlibat dalam kasus penembakan Brigadir J. Ia juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam tewasnya Brigadir J. (Foto: Istimewa)

Kuat Ma’ruf Sempat Ancam Bunuh Brigadir J

Terungkap fakta baru bahwa Brigadir J pernah bercerita kepada Vera Simajuntak, kekasihnya soal Kuat Ma’ruf. Ia menyebut jika Kuat pernah menyampaikan ancaman pembunuhan kepada Brigadir J.

“Kami komunikasi dengan Vera dan kami mendapatkan keterangan cukup detail. Memang betul tanggal 7 Juli malam, ada ancaman pembunuhan,” kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam rapat dengan Komisi III DPR di gedung DPR, Jakarta, dikutip detikcom, Kamis (25/8/2022).

Anam juga menirukan ucapan Kuat saat mengancam membunuh Brigadir J. Hal tersebut dipicu oleh dugaan perlakuan Brigadir J kepada Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo sebelum terjadi insiden penembakan itu.

“Kurang lebih kalimatnya begini: jadi Yosua dilarang naik ke atas menemui Ibu P karena membuat Ibu P sakit. Kalau naik ke atas, akan dibunuh,” ucap Anam sambil menirukan isi ancaman yang disampaikan Vera.

Kuat Ma’ruf: Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

Brigadir J tewas ditembak di rumah dinas Ferdy Sambo, di Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7/2022). Polisi pun telah menetapkan lima tersangka, yaitu:

  • Irjen Ferdy Sambo
  • Putri Candrawathi
  • Bharada Richard Eliezer (RE)
  • Bripka Ricky Rizal
  • Kuat Ma’ruf (KM).

Dalam insiden tersebut, mereka memiliki peran masing-masing. Ferdy Sambo berperan memerintahkan Bharada E untuk menembak Brigadir J dan merekayasa kasus tersebut. Adapun, Bripka RR dan KM berperan ikut membantu dan menyaksikan penembakan korban.

Kelima terangka dijerat Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana subsider Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan juncto Pasal 55 juncto 56 KUHP.

Kuat Ma’ruf Dijanjikan Uang 500 Juta

Sambo menjanjikan uang kepada Bharada E, Bripka RR, dan Kuat Ma’ruf. Sambo menjanjikan Rp 1 miliar kepada Bharada E selaku eksekutor. Sedangkan, Kuat dan Ricky, yang berperan dalam membantu pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, masing-masing dijanjikan uang Rp 500 juta.

Kuat Ma’ruf Sempat Coba Kabur Setelah Jadi Tersangka

Setelah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J, Kuat Ma’ruf sempat berusaha melarikan diri, namun sudah ditangkap. Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Tanggal 7 (Agustus) Saudara Richard mengakui perbuatannya, kemudian Saudara Ricky dan Saudara Kuat juga ditetapkan tersangka. Saudara kuat sempat akan melarikan diri, namun diamankan dan sempat ditangkap,” kata Sigit dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR, Rabu (24/8/2022).

Kuat Ma’ruf Jadi Saksi di Sidang Kode Etik Sambo

Siapa Kuat Ma’ruf? Pria yang berprofesi sebagai sopir juga asisten rumah tangga (ART) Irjen Ferdy Sambo itu muncul ke publik. Kuat menjadi saksi dalam sidang etik yang dijalani Sambo, Kamis (25/8/2022). Selain Kuat, ada 14 orang lainnya yang dijadikan saksi dalam sidang etik Irjen Ferdy Sambo.

Lihat Video: Ingin Lindungi Anak-anak Ferdy Sambo, Kak Seto: Jangan Salah Paham!

[Gambas:Video 20detik]

(kny/imk)