Siapkan Trayek Sokaraja-Purbalingga via Linggamas

siapkan trayek sokaraja-purbalingga via linggamas

wacanakan kembali pengaktifan terminal kebondalem
Diwacanakan pengaktifan kembali terminal Kebondalem. BERLIDNA/RADARMAS

PURWOKERTO-Dinas Perhubungan (Dinhub) terus bergerak menata transportasi di perkotaan Purwokerto maupun di wilayah pinggiran. Di Kota, Dinhub menargetkan pengaktifan kembali terminal tipe C yang sudah ada seperti di Kebondalem dan Karanglewas.

“Sedang kita proses untuk kita kirimkan agar dapat didiskusikan di tingkat Pemda bersama dengan lintas sektoral,” jelas Taryono Kasi Angkutan Dinhub Kabupaten Banyumas.

Dijelaskannya, pihaknya tengah melakukan survei foto, lokasi, status tanah, dan lainnya untuk dibuatkan laporan. Yang mana, laporan tersebut kemudian akan dibuat menjadi nota dinas dan dikirim kepada Bupati melalui Sekda.

Tak cuma di kota, di wilayah pinggiran, Dinhub juga merencanakan adanya pembangunan terminal tipe C baru di samping Pasar Sokaraja. Rencana tersebut telah masuk ke dalam Rencana Kerja Usulan Dinhub tahun 2019.

Dia menjelaskan, rencana pembangunan terminal tipe C yang berada di samping Pasar Sokaraja tersebut, sudah dibuatkan Detail Engineering Design (DED). Hanya saja, menurutnya, masih terhalang oleh pendanaan.

“Tanah jelas milik Pemda. Sudah diajukan di 2019 juga, nanti kita lihat apakah akan dapat dana pembangunan atau tidak,” jelasnya.

Pembangunan terminal tipe C di Sokaraja tersebut, dikatakan oleh Taryono, bertujuan untuk memindahkan angkutan perdesaan dan perkotaan yang begitu banyak di Pasar Sokaraja. Jika di lahan tersebut bisa dijadikan terminal tipe C, menurutnya, turut dapat membuka jalur angkutan baru ke Purbalingga. (lin)

Sumber: