Sidang Etik Adalah Apa? Istilah dan Seputar Sidang Etik Ferdy Sambo

Jakarta

Sidang etik adalah sidang untuk melaksanakan penegakan kode etik profesi Polri terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh pejabat Polri. Hari ini, Kamis (24/8/2922) digelar sidang kode etik terhadap Ferdy Sambo, tersangka pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J).

Simak penjelasan selengkapnya tentang pengertian arti sidang etik adalah apa dan informasi terkini seputar sidang etik Sambo berikut ini.

Apa Itu Sidang Etik? Ini Penjelasan Sidang Etik Polri

Sidang etik adalah apa dapat diketahui merujuk pada Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkap) Nomor 7 Tahun 2022. Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa sidang kode etik atau sidang etik adalah disebut juga sebagai sidang Komisi Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia atau sidang KKEP.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Perkap No. 7 Tahun 2022, sidang etik adalah sidang yang digelar untuk melaksanakan penegakan KEPP (Kode Etik Profesi Kepolisian Negara Republik Indonesia) terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh pejabat Polri. Pejabat Polri adalah anggota Polri yang berdasarkan undang-undang memiliki wewenang umum kepolisian.

Sidang Etik Adalah Apa dan Istilah dalam Kode Etik Profesi Polri

Pengertian tentang sidang etik adalah apa sudah diketahui melalui penjelasan di atas. Selanjutnya, mari mengenal lebih lanjut tentang istilah-istilah yang ada dalam Kode Etik Profesi Polri (KEPP).

Kode Etik Profesi Kepolisian Negara Republik Indonesia yang selanjutnya disingkat KEPP adalah norma atau aturan moral baik tertulis maupun tidak tertulis yang menjadi pedoman sikap, perilaku dan perbuatan pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam melaksanakan tugas, wewenang, tanggung jawab serta kehidupan sehari-hari.

Sementara, Komisi Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia yang selanjutnya disingkat KKEP adalah komisi yang dibentuk di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk penegakan KEPP.

Disebutkan pada Pasal 3 dalam Perkap No. 7 Tahun 2022, bahwa pejabat Polri atau anggota Polri wajib untuk mempedomani KEPP dengan menaati setiap kewajiban dan larangan dalam Kode Etik Profesi Polri. Adapun kewajiban dan larangan dalam Kode Etik Profesi Polri (KEPP) adalah meliputi:

  • Etika Kenegaraan
  • Etika Kelembagaan
  • Etika Kemasyarakatan
  • Etika Kepribadian
sidang etik adalah apa dan seputar sidang etik ferdy samboSidang Etik Adalah Apa dan Seputar Sidang Etik Ferdy Sambo | Foto: (Screenshot YouTube TV Polri)

Sidang Kode Etik Ferdy Sambo Digelar Hari Ini Secara Tertutup

Mabes Polri menggelar sidang kode etik Irjen Ferdy Sambo hari ini, Kamis (24/8/2022). Sidang kode etik ini untuk menentukan sanksi terhadap Ferdy Sambo, tersangka atas kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Diketahui, sidang etik Sambo hari ini telah ditetapkan untuk digelar secara tertutup. Sidang kode etik Ferdy Sambo itu dipimpin oleh Kabaintelkam Polri Komjen Ahmad Dofiri. Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo mengatakan nasib Ferdy Sambo di Polri akan langsung ditentukan hari ini.

“Saat keputusan sidang komisi atau vonis, akan saya berikan kesempatan kepada teman-teman untuk meliput juga dengan visual dan audio jadi lengkap semuanya,” kata Dedi.

Demikian penjelasan selengkapnya tentang pengertian arti sidang etik adalah apa dan informasi terkini seputar sidang etik Ferdy Sambo hari ini.

(wia/imk)