Sinergi Baik, Polisi dan Sarsipol Datangi Pasien ODGJ

sibnews.info, Banjarnegara – Keinginan membantu masyarakat yang dirundung permasalahan terus dilakukan Polres Banjarnegara. Bersama Sarsipol sebuah organisasi kemasyarakatan yang berisi rumah sakit, ojek online, akademisi, dan paguyuban pedagang online mendatangi bangsal jiwa (bangsal khusus orang dengan gangguan jiwa-odgj) Al Aziziah Rumah Sakit Islam Banjarnegara, Jumat (5/2/2021).

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto melalui Wakapolres Banjarnegara Kompol Eko Yulianto menyatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan sambang yang biasa dilakukan Satuan Binmas Polres Banjarnegara. Menurut Eko, pihak kepolisian ingin membantu masyarakat, apalagi saudara yang dalam kondisi kesulitan.

“Kegiatan sambang ini terus kita lakukan, biasa kita ke panti, posko bencana dan lainnya, kali ini kepada saudara kita yang sedang kurang beruntung di bansal Al Aziziah RSI Banjarnegara. Kami bersama Sarsipol ingin membantu sesama,” kata Wakapolres.

Sementara, Kasat Binmas AKP Rusmiyatun menyatakan, Sarsipol bersama Polsek di Banjarnegara dan Rumah Sakit Islam selama ini sudah banyak membantu masyarakat ODGJ, saat penjemputan, kegiatan yang dilakukan pihaknya merupakan rangkaian yang dilakukan polisi. “Saat penjemputan biasanya dari Polsek ikut membantu, setelah di dalam rumah sakit Satbinmas turut memberikan support kepada pasien agar cepat sembuh,” kata Rusmiyatun.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan, saat pengantaran pulang pasien pihak kepolisian dilibatkan saat pengantaran. “Diantar masuk oleh polisi, di dalam polisi membantu support kesembuhan, saat kepulangan atau diantar ke rumah pasien, polisi bersama Sarsipol dilibatkan juga bisa,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, pihak kepolisian dan Sarsipol memberikan sejumlah barang bantuan sebagai kebutuhan sehari hari bagi pasien dengan gangguan jiwa. Seperti peralatan mandi, pakaian dan lainnya.

Selain itu, pasien juga diajak untuk berkomunikasi oleh polisi dari Polres Banjarnegara, banyak hal yang mereka perbincangkan, seputar persoalan ringan hingga sejumlah strategi menjaga kesehatan jiwa, dan emosional, agar setelah kembali dari rumah sakit mudah beradaptasi dengan masyarakat.

“Jadi mas mbak, cepat sehat ya, setelah sehat tetap bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat sekitar, tetap semangat,” kata Rusmiyatun.

polisi sarsipol odgj2 fokba

Tak hanya kegiatan di dalam ruangan, saat di RSI anggota kepolisian juga mengajak pasien untuk berolahraga sekaligus berjemur. Di masa pandemi, olah raga dan berjemur sangat penting dilakukan demi kesehatan.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RS Islam Banjarnegara Jhoni Krismanto SKep Ns dalam keterangannya, saat ini pasien di bangsal jiwa berjumlah 14 orang, wanita dan laki laki di pisah. “Alhamdulillah kita bisa terus membantu masyarakat di Banjarnegara dan sekitarnya. Pasien yang datang biasanya karena permintaan keluarga, diantar polisi dan Sarsipol, ada juga dari TKSK Dinsos Banjarnegara yang tersebar di seluruh kecanatan. Alhamdulillah terimakasih atas sinergi yang terbangun saat ini dan kedepannya,” kata Jhoni.

Nugroho