Sinyal Wifi Alun-Alun Purwokerto Tidak Stabil

sinyal wifi alun-alun purwokerto tidak stabil

PURWOKERTO-Jaringan wifi yang ada di Alun-Alun Purwokerto dikeluhkan. Meskipun sinyal wifi penuh, dan dapat terhubung ke perangkat seperti smartphone, tetapi tidak dapat terhubung ke jaringan internet.

Seperti yang dikeluhkan warga Bancarkembar, Febriani saat beberapa waktu lalu menikmati waktu santai di Alun-Alun Purwokerto. Ia mengaku baru mengetahui ada wifi di lokasi tersbut.

sinyal wifi alun alun purwokerto tidak stabil

“Pas buka handphone ternyata ada wifi Alun-Alun Purwokerto, tapi begitu sudah tersambung ke handphone, tidak bisa untuk browsing dan chat ke teman,” ujarnya.

Febriani mengatakan, adanya wifi di tempat umum seperti Alun-Alun Purwokerto dapat sangat membantu masyarakat yang bekunjung. Menurut wanita berhijab itu, sebagai fasilitas umum, seharusnya ada tindakan lebih lanjut agar pengunjunga merasa nyaman saat memanfaatkan fasilitas yang ada.

“Sekarang sudah jamannya serba teknologi dan internet, kalau ada wifi seperti ini pasti sangat membantu menjelajahi internet untuk cari informasi, atau menghubungi rekan lewat chat,” katanya.

`Ia pun mengaharapkan pada pihak terkait, agar dapat menanggulangi kendala yang mungkin muncul pada fasilitas wifi di Alun-Alun Purwokerto.

Menanggapi adanya keluhan tersebut, Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Kabupaten Banyumas sebagai pengelola jaringan wifi di Alun-Alun Purwokerto, siap memeriksa jaringan jika ada keluhan dari pengunjung Alun-Alun Purwokerto. Kepala Bidang Sandi dan TIK Dinkominfo Kabupaten Banyumas, Leonalto Adi S mengakui jika sinyal wifi di Alun-Alun Purwokerto kerap naik turun, terlebih saat banyak pengunjung.

“Kapasitas wifi nya terbatas, tapi kadang pengunjungnya yang banyak,” katanya.

Adapun Kapasitas wifi di Alun-Alun Purwokerto berkisar sepuluh Mbps. Jika ada kegiatan di Alun-Alun Purwokerto, kapasitasnya akan ditambah.

Leo menuturkan, penerapan kapasitas tersebut karena terbatasnya anggaran yang diperoleh. Namun jika ada kendala jaringan, pihaknya akan menganalisa apa yang menjadi penyebabnya.

“Ini sebagai fasilitas umum, maka akan kami usahakan sebaik mungkin,” tuturnya.

Leo pun menambahkan, rencana ke depan akan menambah fasilitas serupa di beberapa ruang terbuka hijau lainnya. Namun belum dapay dipastikan, karena menyesuaikan dengan alokasi anggaran di Dinkominfo Kabupaten Banyumas. (ely)

Sumber: