Sisipkan Game Agar Kekinian

sisipkan game agar kekinian


MERIAH : Berbagai permainan diadakan saat roadshow Indonesia Scouts Challenge. /HIDAYAH/RADARMAS
Sisipkan game agar kekinian 1

Kegiatan Roadshow ISC

PURWOKERTO – Sebanyak 455 peserta dari Kwaran Purwokerto Barat asyik mengikuti game, dalam rangkaian roadshow Indonesia Scouts Challenge (ISC) di SDN 1 Rejasari pada Jumat (18/3). Game individu maupun kelompok sengaja diadakan agar anak-anak lebih aktif dalam kehidupan sosial.

Terlihat di semua game anak-anak sangat antusias. Tak jarang mereka berteriak saat berhasil atau tidak berhasil menyelesaikan permainan. Bahkan peserta berebut menjawab pertanyaan dari panitia.

Koordinator ISC Bagian Banyumas, Atika Lis Widowati mengatakan, antusias anak-anak sangat tinggi. “Kami memang sengaja menyuguhkan permainan yang membuat mereka lebih aktif dan kreatif. Serta mampu bekerjasama. Makanya untuk game, kami bagi menjadi dua yaitu game individu dan kelompok,” jelasnya.

Tika menyebutkan, permainan individu ada enam jenis yakni PPGD, kotak rasa, Bahasa Inggris, arah mata angin, susun huruf, dan tantangan atribut pramuka. Sedangkan permainan kelompok atau tim yakni bola bergulir, lempar bola, tantangan estafet.

Menurut Tika, kegiatan yang diadakan merupakan kerjasama antara kwarcab dan Jawa Pos. Rencananya, tidak hanya dilakukan di Banyumas namun mengandeng kabupaten lain disekitar Banyumas.

“Nantinya Cilacap dan beberapa kabupaten tetangga juga akan dilakukan kegiatan yang sama,” ujarnya.

Menurutnya, game sengaja disisipkan dalam kegiatan pramuka. Hal ini agar kegiatan pramuka lebih relevan di zaman sekarang. Melalui konsep ini, diharapkan bisa mengembalikan masa kejayaan pramuka.

“Pramuka mengajarkan banyak hal, termasuk keterampilan, kerjasama dan pembentukan karakter di sekolah,” katanya.

Untuk roadshow di Banyumas, akan dilakukan lagi Sabtu (19/3). Rencananya roadshow akan dilakukan bersama peserta dari Kwaran Purwokerto Utara. Kegiatan akan dipusatkan di SDN Bancar Kembar 3 Purwokerto Utara dengan jumlah peserta 200 orang. (ida/sus)

Sumber: