SMP Susteran Gelar Entrepreneur Day

smp susteran gelar entrepreneur day

kanan lely adv smp susteran
Ajarkan Siswa Kreatif dan Mandiri

PURWOKERTO-Sebanyak 12 stand makanan dan minuman berjajar di koridor SMP Susteran Purwokerto, dalam kegiatan Entrepreneur Day, Jumat (9/11). Stand tersebut merupakan kreasi dari siswa-siswi kelas VII, VIII, dan IX SMP Susteran Purwokerto.

Koordinator Pelaksana Kegiatan Entrepreneur Day, Agustina Wulan Pratiwi mengatakan, kegiatan ini merupakan kali kedua. Di mana melibatkan 386 siswa SMP Susteran dari kelas VII, VIII, dan IX, diberi tugas menjual makanan dan minuman dengan bahan dasar yang sudah ditentukan.

“Ini merupakan program dari SMP Susteran Purwokerto,” katanya.

Bahan dasar yang harus digunakan oleh kelas VII yaitu jeruk dan kentang, kelas VIII yaitu strawberry dan ubi, serta kelas IX menggunakan bahan dasar mangga dan jagung. Masing-masing kelas diharuskan menyajikan kreasi menu berbeda.

Dari olahan makanan dan minuman itu, dijual di stan yang sudah tersedia. Untuk menarik pembeli, para siswa diperbolehkan melakukan promosi di media sosial. Dan masyarakat umum pun bisa membeli aneka olahan makanan dan minuman kreasi siswa SMP Susteran Purwokerto.

Wulan menuturkan, sebagian modal dasar setiap kelas diberi dari pihak sekolah. Dengan modal maksimal Rp 400 ribu, akan dinilai dari sistem penjualannya apakah mendapat untung atau rugi.

“Kami nilai dari segi kreasi olahan, kebersihan, kemasan, kreativitas promosi, dan hasil penjualan,” tuturnya.

Dia menyampaikan, tujuan diselenggarakan kegiatan seperti ini, untuk mengenalkan dunia wirausaha, dan siswa bisa belajar mandiri. Sebab mulai persiapan bahan dasar hingga menjual produk, dilakukan berkelompok tiap kelas, yang masing-masing siswa memiliki tanggung jawab.

“Jika mendapat untung atau rugi, kami beri arahan agar siswa tetap termotivasi sebagai bekal masa depan,” ujarnya.

Wulan pun mengharapkan, seluruh siswa bisa memetiik manfat dan menjadikan pengalaman sebagai bekal di masa depan, terutama di bidang wirausaha. (adv/ely)

Sumber: