STIE Tambara Gandeng Posyandu Cegah Stunting

sibnews.info, Banjarnegara – Sebagai upaya untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat baik dari segi ekonomi, pendidikan , pariwisata dan kesehatan, salah satu program yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN STIE Tamansiswa Banjarnegara (STIE TAMBARA) adalah melakukan sosialisasi pencegahan stunting di balai Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan.

Dosen Pembimbing Lapangan KKN STIE Tamansiswa Siti Maesaroh, S.IP, MM pada Jumat (19/11/2021) mengatakan kader posyandu menjadi sasaran utama karena mereka adalah garda terdepan dalam upaya pencegahan stunting mengingat intensitas interaksi langsung dengan masyarakat cukup tinggi sekaligus menjadi kader kesehatan lingkungan.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung proyek prioritas nasional dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024 dengan target Prevelansi Stunting pada Balita sebesar 14%” paparnya.

Selain itu, masih tingginya angka stunting di Kabupaten Banjarnegara yakni masih diatas 24%, lewat moment tersebut harapkan bisa memberikan dampak yang baik untuk penurunan angkat stunting.

Sebagai langkah sinergi, pihaknya juga menghadirkan pembicara dari Universitas Harapan bangsa dengan moderator dari Puskesmas Susukan 1.

Terpisah, Kepala desa Gumelem Wetan Cartun berharap, peran serta kader Posyandu dapat optimal dalam rangka membantu pemerintah mengatasi persoalan kesehatan dan lingkungan, utamanya yakni untuk mencegah serta menurunkan angka stunting diwilayahnya.

“memang bukan persoalan yang mudah, namun dengan ihtiar, kerjasama dan gotong royong, insyaalloh akan menghasilkan apa yang kita harapkan bersama” paparnya.

Pihaknya mengapresiasi beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN STIE Tamansiswa Banjarnegara yang telah proaktif terjun langsung ke beberapa segmentasi masyarakat dalam rangka mengamalkan dan memberikan pengetahuan bagi masyarakat Gumelem Wetan. | Humas Pemprov Jateng | (F12)*