Sungai Cipamingkis Jonggol Meluap, Belasan Rumah Rusak

Jakarta

Hujan deras yang melanda wilayah timur Kabupaten Bogor menyebabkan Sungai Cipamingkis di Jonggol, Kabupaten Bogor, meluap. Luapan air sungai kemudian mengakibatkan abrasi dan air menyapu beberapa rumah warga serta tempat ibadah yang berada di sekitar bibir sungai.

“Sungai Cipamingkis di Jonggol meluap. Luapan air merusak 13 rumah, 14.200 meter persegi lahan sawah, dan satu musala (tempat ibadah) hilang terbawa arus. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko, Rabu (24/8/2022).

Aris menyebutkan luapan Sungai Cipamingkis terjadi pada 22 Agustus 2022. Dalam kejadian ini, sebanyak 13 jiwa terpaksa mengungsi dan belum bisa kembali karena rumahnya mengalami kerusakan berat dan tidak bisa ditempati.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dari hasil asesmen, lanjut Aris, diperlukan pembangunan bronjong pada tebing sungai agar tidak terjadi abrasi ketika Sungai Cipamingkis kembali meluap dan berdampak kepada warga sekitar Sungai Cipamingkis.

“Asesmen sudah tiga kali dilaksanakan dan dibutuhkan pembangunan bronjong dan aliran sungai baru oleh pihak terkait. Karena, ketika arus naik, abrasi pada bibir aliran sungai terus terjadi dan mengakibatkan pergeseran dan tanah dan berdampak langsung ke permukiman warga,” kata Aris.

BPBD Kabupaten Bogor melaporkan, hujan deras yang melanda wilayah barat Kabupaten Bogor juga mengakibatkan Sungai Cibeureum di Desa Jugalajaya, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, meluap.

Akibatnya, tembok penahan tanah (TPT) setinggi 6 meter dan panjang 20 meter longsor dan menyebabkan banjir di permukiman warga. Empat unit rumah mengalami kerusakan dan penghuninya terpaksa mengungsi.

“Saat ini longsoran belum diperbaiki dan hanya dilakukan penanganan sementara terhadap longsoran. Lokasi longsor harus segera diperbaiki oleh instansi terkait karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan,” tulis BPBD dalam keterangannya.

(dwia/dwia)