Survei ASI: 70,4% Responden Puas Kinerja Kapolri Tangani Kasus Brigadir J

Jakarta

Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil surveinya terkait persepsi publik terhadap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Polri pasca-insiden penembakan Brigadir J. Hasilnya, mayoritas responden mengaku puas dengan kinerja Kapolri dan institusinya.

Survei dilaksanakan pada tanggal 18 – 23 Agustus 2022 di 34 provinsi di Indonesia dengan cara telesurvei, yaitu responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner. Metode penarikan sampel Multistage Random Sampling. Jumlah responden 1200 responden dengan margin of error +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Kinerja Kapolri Dalam Setahun

ASI melakukan sejumlah survei terkait tingkat kepuasan terhadap Kapolri dan Polri. Survei pertama yakni terkait kinerja Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo sepanjang tahun ini. Hasilnya, 64,3 persen responden mengaku puas. Sementara, 32,8 persen responden tidak puas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berikut hasilnya:

Sangat puas: 7,4 persen
Cukup puas: 56,9 persen
Kurang puas: 26,7 persen
Sangat tidak puas: 6,1 persen
Tidak tahu/tidak jawab: 3,0 persen

Kinerja Kapolri Tangani Kasus Brigadir J

Survei kedua dilakukan untuk menilai kinerja Kapolri dalam menangani insiden pembunuhan Brigadir J. Apa hasilnya?

Sangat baik: 13,7 persen
Cukup baik: 56,7 persen
Kurang baik: 18,0 persen
Sangat tidak baik: 7,2 persen
Tidak tahu/tidak jawab: 4,4 persen

“Sebanyak 70,4% responden mengatakan puas (gabungan antara cukup puas 56,7% & sangat puas 13,7%) terhadap kinerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam menangani insiden penembakan Brigadir J. Sedangkan yang tidak puas 25,2% (gabungan antara kurang puas 18,0% & sangat tidak puas 7,2%). Adapun 4,4% mengaku tidak tahu/tidak jawab,” ujar Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/8/2022).

Kinerja Kapolri Bongkar Aktor Intelektual Kasus Brigadir J

Berikutnya ada survei mengenai kinerja Kapolri dalam membongkar dalang atau aktor intelektual dibalik kasus penembakan Brigadir J. Mayoritas responden menilai kinerja Kapolri sudah baik.

“Publik menilai baik 69,6% (gabungan antara cukup baik 50,8% & sangat baik 18,8%). Sedangkan yang mengatakan tidak baik 28,6% (gabungan antara kurang baik 26,2% & sangat tidak baik 2,4%). Adapun 1,9% mengaku tidak tahu/tidak jawab,” lanjutnya.

Simak hasil survei lainnya di halaman selanjutnya.