Surya Paloh Dianugerahi Doktor Kehormatan Universitas Brawijaya, JK Hadir

Jakarta

Universitas Brawijaya menganugerahkan gelar kehormatan doktor honoris causa (HC) kepada Surya Paloh. Surya Paloh menerima gelar doktor bidang sosiologi politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya.

Penganugerahan itu digelar di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Senin (25/7/2022). Surya Paloh menyampaikan orasi ilmiah promovendus gelar kehormatan dalam kesempatan itu.

Surya mulanya menyampaikan penghormatan kepada pihak kampus Universitas Brawijaya atas penganugerahan gelar kehormatan doktor tersebut. Terlebih, kata Surya, Universitas Brawijaya merupakan salah satu kampus ternama di Tanah Air.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sebuah kehormatan yang tak terhingga untuk menerima sebuah kehormatan penghargaan gelar doktor honoris causa dari salah satu kampus yang cukup ternama di Tanah Air,” kata Surya.

Surya Paloh menyampaikan orasi ilmiah dengan tajuk ‘Meneguhkan Kembali Politik Kebangsaan'. Surya menyebut tema itu relevan dengan situasi politik saat ini yang kian dinamis menuju pesta demokrasi 2024.

“Dalam pidato pengukuhan ini izinkan saya menyampaikan sebuah tema sekaligus ajakan berupa upaya meneguhkan kembali politik kebangsaan. Sebuah tema yang mungkin terdengar cukup klasik namun tetap terus-menerus dikumandangkan,” katanya.

“Sebuah pekerjaan yang terus menerus kita jalankan dan menjadi kontekstual untuk disuarakan terlebih menjelang pesta demokrasi di tahun 2024 ini,” lanjutnya.

Dalam acara pengukuhan gelar baru akademis Surya Paloh, hadir Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla. Selain itu, sejumlah pejabat pemerintah yang juga politikus NasDem turut hadir, yaitu Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

(fca/gbr)