Surya Tjandra dan Sunny, Dua Sosok dari PSI Dukung Anies

Jakarta

Dua kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memilih jalan politik yang berbeda dengan partainya. Mereka adalah Sunny Tanuwidjaja, yang disebut membantu Anies Baswedan, dan Surya Tjandra, yang terang-terangan mendukung sosok Gubernur DKI Jakarta itu maju di kontestasi 2024.

Dirangkum detikcom, Kamis (28/7/2022), Sunny Tanuwidjaja disebut PSI mendukung Anies. Dia bahkan mundur dari posisinya sebagai Sekretaris Dewan Pembina (Sekwanbin) PSI dengan alasan terang-terangan ingin membantu Anies. Setelah itu, Surya Tjandra, eks wamen, menyatakan diri mendukung Anies maju sebagai calon presiden (capres) 2024. Surya bahkan siap jika diminta bantu untuk menjadi pemenangan Anies.

Sunny Tanuwidjaja

ketua balegda dprd dki m taufik dan sunny tanuwidjaja kembali diperiksa kpk, senin (25/4/2016). mereka diperiksa terkait suap reklamasi.Sunny Tanuwidjaja (Rachman Haryanto/detikcom)

Kabar Sunny Tanuwidjaja ingin membantu Anies dikonfirmasi oleh elite NasDem Bestari Barus. Dia mengatakan dukungan Sunny Tanuwidjaja mungkin berkaitan dengan pemilu presiden.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sudah (tahu Sunny dukung Anies), saya kenal Sunny. Ya, kan, dulu di Balai Kota, banyak beraktivitas di Balai Kota. Artinya mendukung Pak Anies, jadi apa saya belum paham, (tapi) saya kira pastilah mengenai pemilu presiden ke depan,” kata Bestari saat dihubungi, Rabu (29/6/2022).

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menyebut Sunny telah mundur dari posisinya sebagai Sekretaris Dewan Pembina (Serkwanbin) PSI. Grace mengatakan Sunny jujur keluar dari PSI karena ingin membantu Anies.

“Dia secara jujur bicara ingin bantu Pak Anies,” kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (29/6/2022).

Grace Natalie menyebut Sunny Tanuwidjaja mengerti konsekuensi berbeda jalan politik dengan PSI. PSI, seperti yang diungkapkan Grace Natalie, tak akan mendukung Anies pada Pilpres 2024. PSI juga mengambil sikap berbeda dengan pemerintahan DKI Jakarta yang dipimpin Anies saat ini.

“Ya konsekuensi dari berbeda jalan politik itu, beliau mengajukan pengunduran diri sebagai Sekwanbin,” kata Grace Natalie.

“Beliau juga sadar posisinya sulit,” imbuhnya.

Namun Grace menyebut Sunny masih aktif di PSI. Sunny Tanuwidjaja dinyatakan nonaktif dan tidak terlibat dalam segala keputusan PSI.

“Sunny adalah salah satu pendiri PSI, statusnya sebagai pendiri tentu tidak bisa diubah. Sekitar setahun terakhir Sunny menjadi anggota PSI nonaktif dan sama sekali tidak terlibat dalam operasional PSI,” imbuhnya.

Setelah itu, Surya Tjandra pun ikuti jejak Sunny mendukung Anies, selengkapnya di halaman berikut