Tarik Minat Milenial, Kesenian Jemblung Dibuat Semakin Gaul

sibnews.info, Banyumas – Grup Wela Jemblung dari SMK 1 Ma’arif NU Cilongok berhasil meraih juara 1 dalam perlombaan Maca Kreatif Tahun 2021 yang diadakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas dengan kesenian yang dibawakan yaitu Jemblung Banyumas. Penyerahan penghargaan lomba dilakukan di Pendopo Sipanji Banyumas oleh Bunda Literasi Banyumas, Erna Husein bersama Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daera, Djoko Wikanto beberapa waktu lalu.

Saeran Samsidi alias Pak Banjir seniman dan penggagas lomba mengatakan kesenian Jemblung merupakan kesenian teater rakyat dari Banyumas, selain Munthiet dan Menorek atau menoreng yang semuanya sudah hampir punah. Untuk lebih menarik keminatan pada generasi muda kesenian Jemblung saat ini sudah di revitalisasi dengan tidak hanya menggunakan acapela saja tetapi juga bisa diselipi musik-musik dan juga tarian – tarian atau dibuat lebih gaul untuk menarik minta milenial.

“Sudah dua kali menyelenggarakan festival ini. Kalau dulu tidak membaca tetapi di hapalkan yaitu Jemblung Gaul Banyumasan. Lalu berbasis teater tradisional rakyat Banyumas Jemblung yang sudah punah dan tidak laku saya revitalisasi dengan inovasi saya sebut Jemblung Gaul. Jadi tidak seperti dulu pakai acapela, sekarang boleh pakai music, tarian dan sebagainya,” jelas Pak Banjir Rabu (8/12/2021).

tarik minat milenial kesenian jemblung dibuat semakin gaul i

       tarik minat milenial kesenian jemblung dibuat semakin gaul ii

Menurutnya kegiatan ini bagian dari kegiatan gerakan literasi, dengan membaca kreatif. Dulu sempat dibawakan dengan cara dihapalkan namun sekarang lebih ditekankan dengan membaca. Kegiatan ini bagian dari pengembangan Gerakan Literasi Membaca dan Aktifitas Literasi Membaca.

“Karena sekarang lomba menulis sedang marak tetapi jika tidak dilalui dengan membaca, karya tulisnya juga akan kurang. Dan juga tujuannya untuk tingkat nasional, Kemendikbudristek sudah menyelenggarakan sayembara membaca lakon secara virtual,” tambahnya.

tarik minat milenial kesenian jemblung dibuat semakin gaul iii

       tarik minat milenial kesenian jemblung dibuat semakin gaul iv

Sementara itu Bunda Literasi Banyumas Ny Erna Husein menyambut baik adanya ide Lomba Maca Kreatif Tahun 2021 melalui Taeter Rakyat kesenianJemblung.

“Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang Lomba Maca Kreatif 2021. Semoga apresiasi yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Banyumas dapat semakin memacu semangat saudara – saudara sekalian dalam mengembangkan minat dan bakat demi meraih masa depan yang lebih gemilang,” ungkap  Erna Husein.

Senada didsmpaikan oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Joko Wikanto yang berharap pemenang Lomba Maca Kreatif Tahun 2021 dapat melestarikan Budaya Asli Banyumas.

“Dari isi materinya kita ikuti sangat banyak, dari budayanya nguri – uri Banyumasan yaitu jemblung tadi dengan Bahasa Banyumasan. Sehingga kita harapkan generasi muda yang akan datang tidak asing dengan budayanya sendiri,” katanya.

tarik minat milenial kesenian jemblung dibuat semakin gaul v e1638945241849

Hasil lengkap lomba “Jemblung Gaul” juara 1 Grup Wela Jemblung dari SMK Maarif NU 1 Cilongok, juara 2 Grup Teater Pangeran dari MAN 2 Banyumas dan juara 3 Grup Jemblung Gaul Malhidjati, Jl Inpres No 250 RT 03 RW 02 Kec. Purwojati. | Humas Pemkab Banyumas | (F12)*