Temui Jenderal Andika, Panglima AS: Indonesia Negara Penting Bagi Kita

Jakarta

Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat atau US Chairman of the Joint Chiefs, Jenderal Mark A Milley mendatangi markas besar (Mabes) TNI di Jakarta Timur. Kunjungan tersebut dalam rangka membangun kerja sama yang baik dengan TNI.

Kedatangan Jenderal Mark disambut langsung oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Mark menyebut Indonesia sebagai negara yang penting untuk disambangi.

“Jenderal Andika dan saya menuju ‘Chiefs of Defense Conference' yang diadakan tahun ini di Australia dan saya merasa penting untuk berhenti dan berkunjung di sini, Jakarta untuk melihat teman baik saya Jendral Andika. Indonesia adalah negara yang sangat penting. Negara yang penting bagi Amerika Serikat,” kata Mark A Milley dalam sambutannya di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mark juga menyebut Indonesia negara yang penting bagi Asia Tenggara, termasuk secara keseluruhan di dunia. Hal tersebut berkaitan dengan wilayah RI yang kerap kali dilewati jalur perdagangan internasional.

“Lebih dari 2/3 perdagangan internasional datang melalui kawasan Pasifik dan sebagian besar dari itu melalui jalur air serta jalur laut yang diapit Indonesia,” ucap Mark.

“Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia, negara muslim terbesar di dunia. Ini adalah militer profesional yang sangat kuat telah menjadi teman baik militer Amerika Serikat selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun,” sambungnya.

Mark berharap untuk bahu membahu bersama TNI mempererat kerja sama di masa depan. Ia yakin kedua negara ini mempunyai tujuan yang sama yakni kebebasan.

Di kesempatan yang sama, Jenderal Andika merasa terhormat disambangi Panglima Angkatan Bersenjata AS setelah 14 tahun. Keduanya membahas terkait kerja sama ke depan hingga latihan militer gabungan dalam waktu dekat.

“Banyak yang kami bicarakan tadi yang intinya, jelas dengan kita bersahabat, bekerja sama, berlatih bersama ini akan membuat kita semakin percaya diri dan semakin memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan-tantangan, baik keamanan, dan tantangan yang lain,” ujar Andika.

(fas/fas)