Tepis Zainut, Majelis PPP Klaim 3 Kali Rapat Sebelum Minta Suharso Mundur

Jakarta

Waketum PPP Zainut Tauhid menyebut bahwa pimpinan ketiga majelis DPP PPP belum pernah rapat internal terkait usulan Suharso Monoarfa mundur dari kursi ketua umum. Namun, hal tersebut dibantah oleh Usman M Tokan selaku Wakil Sekretaris Majelis Pertimbangan DPP PPP.

Usman mengatakan keputusan 3 majelis DPP PPP (Majelis Syariah, Kehormatan dan Pertimbangan) yang menyarankan Suharso Monoarfa untuk mundur dari Ketua Umum PPP merupakan respons atas gejolak, dinamika, serta aspirasi yang disuarakan para kyai, kader dan simpatisan PPP seluruh Indonesia. Menurutnya, para pimpinan majelis telah menjalankan tugas dan fungsinya sesuai yang diamanatkan dalam AD/ART PPP.

“Beliau-beliau ini para tokoh/sesepuh yang teguh memegang prinsip perjuangan PPP yaitu berpolitik semata-mata ibadah, dan ber Amar Ma’ruf Nahi Mungkar. Berat hati mengambil langkah ini, harus diambil demi menjaga nama baik/marwah PPP, demi keselamatan semua, keselamatan partai dan jutaan kader PPP,” kata Usman dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lalu, Usman menjawab klaim Zainut yang menyebut pimpinan majelis belum pernah rapat internal terkait usulan itu. Menurutnya, pimpinan majelis sudah menggelar rapat 3 kali membahas dinamika terkini, khususnya masalah terkait Suharso Monoarfa.

“Mengkoreksi pernyataan Mas Zainut Tauhid, perlu diketahui bahwa majelis pertimbangan sudah mengadakan rapat sebanyak 3 kali. Bahkan pada rapat kedua yang digelar Juli 2022, rapat majelis pertimbangan itu dibuka oleh Sekjen PPP Gus Arwani Thomafi, dan ada notulensinya dari Sekretariat DPP,” ucapnya.

“Sampai pada akhirnya kami menggelar rapat yang ketiga. Di rapat ketiga itu para peserta rapat menyampaikan kritik dan rasa prihatin terkait banyaknya permasalahan yang sedang dihadapi Bapak Suharso Monoarfa, ada pernyataan mengatakan agar Ketua Majelis Pertimbangan membangun komunikasi dengan pimpinan majelis lainnya, jika masalah ini sudah mengganggu konsolidasi dan mengancam nama baik/marwah PPP, maka langkah penyelamatan wajib dilakukan,” tambahnya.

Zainut Kaget Suharso Diminta Mundur

Tiga pimpinan majelis DPP PPP meminta Suharso Monoarfa mundur dari kursi ketua umum. Waketum PPP Zainut Tauhid mengatakan bahwa pimpinan ketiga majelis DPP PPP itu belum pernah rapat internal terkait usulan itu.

“Jujur saya kaget mendengar berita tersebut. Setahu saya para pimpinan majelis belum pernah menyelenggarakan rapat internal majelis untuk membahas masalah tersebut,” kata Zainut Tauhid kepada wartawan, Selasa (23/8).

Simak juga video ‘Suharso Monoarfa: KIB Kita Bentuk Untuk Menang!’:

[Gambas:Video 20detik]