Terburuk Sejak 30 Tahun, Banyumas Peringkat 5 Porprov 2018

terburuk sejak 30 tahun, banyumas peringkat 5 porprov 2018

grafis foto a

PURWOKERTO- Tantangan bagi awal pemerintahan Husein-Sadewo. Tapi, ini kado pahit bagi warga Banyumas. Kontingen Banyumas ‘hanya’ meraih peringkat ke-5 Ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 di Surakarta.

Capain ini ialah yang terburuk sejak 30 tahun terakhir. Padahal, Pemkab telah menggelontor dana lebih dari Rp 28 miliar untuk KONI Banyumas demi sukses di Porprov. Data yang ada, cuma sekali Banyumas terlempar dari posisi tiga besar di ajang level provinsi ini.

Yakni di awal Porda digelar tahun 1983. Saat itu, Banyumas ada di urutan 13. Kemudian di Porda 1987 Banyumas urutan 3. Porda 1991, 1995 dan 2001 selalu urutan II. Tahun 2005 juara umum, Porprov 2009 dan 2013 urutan III.

Kali ini, Banyumas meraih 50 medali emas. Jauh dari target sebanyak 112 medali emas. Kabid Humas dan Media, Budi Hartono, Kamis (25/10), seusai penutupan Porprov di Surakarta mengatakan, Porprov 2018 sudah selesai. “Pagi tadi penutupan. Benar, 50 medali itu hasil Banyumas,” ujar Budi.

Auman Laskar Macan Banyumas terbentur kenyataan. Banyumas memperoleh 166 total medali. Dengan rincian 50 medali emas, 46 medali perak, dan 70 medali perunggu.

“Sudah berbagai cara, kita lakukan dengan daya upaya maksimal di semua cabang olahraga yang diikuti. Namun, porprov kali ini, kemajuan olah raga di Jawa Tengah sudah semakin merata, sehingga hasil hari ini (24/10), inilah yang bisa dicapai oleh seluruh kontingan kabupaten/kota yang mengikuti ajang ini,” ungkap Ketua KONI Banyumas Bambang Setyawan.

Bambang menyampaikan hal tersebut melalui web resmi KONI Banyumas yang berjudul Kontingen Banyumas Masih Kejar Perolehan Medali.
Hingga kemarin (25/10), Bambang Setiawan tidak dapat dihubungi Radarmas untuk mendapatkan konfirmasi lebih jauh.

Catatan yang ada, KONI Banyumas telah lama mendeklarasikan target 100 medali emas. Beberapa upaya dilakukan. Seperti latihan mandiri sejak Januari-April. Dilanjut dengan Desentralisasi sejak Mei-September.

Sebulan jelang Porprov, 226 atlet dari 20 cabang olahraga diinapkan di Hotel Meotel Purwokerto dengan agenda Centralisasi. Dalam beberapa kesempatan, Bambang selaku Ketua Umum KONI Banyumas juga yakin 99 persen bahwa target 100 medali sudah di depan mata.

“Kita sudah berupaya semaksimal mungkin. 99 persen kita yakini target medali akan tercapai. 1 persen ketentuan dari Tuhan,” kata Bambang saat audiensi antara bupati dengan para pelatih dan manager beberapa waktu yang lalu. Kini, 1 persen itulah yang mengalahkan 99 persen.

Tak hanya itu, dukungan dari pemerintah daerah turut mengalir dalam mensukseskan raihan target 100 medali. Beberapa diantaranya seperti, bupati menaikan bonus atlet dari Rp 50 juta menjadi Rp 60 juta. Pendampingan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru pertama kalinya dilakukan di Porprov 2018 ini.

Bupati juga turut andil memimpin rapat untuk memastikan keyakinan dari para manajer dan pelatih terkait medali yang mereka targetkan. Satu persatu perwakilkan cabor dipanggil bupati untuk memastikan kembali medali yang mereka targetkan benar-benar bisa didapatkan. (mhd/dis)

Sumber: