Terkuak Penyebab Warteg ‘Barokah’ Selamat dari Kebakaran Simprug

Jakarta

Bangunan warteg ‘Barokah’ selamat dari kebakaran di Simprug, Jakarta Selatan (Jaksel), pada hari Minggu kemarin. Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Jakarta Selatan (Jaksel) menjelaskan faktor warteg tersebut tak terbakar.

“Karena terkompartemenisasi, jadi terlindungi dari potensi rambatan api. Coba lihat bangunan yang melindungi warteg itu, bagaimana konstruksi bangunannya,” kata perwira piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan Deni Andreas saat dihubungi seperti dilansir Antara, Rabu (24/8/2022).

Deni menjelaskan ilmu kompartemenisasi kebakaran merupakan batas atau pemisahan bangunan berdasarkan tingkat ketahanan terhadap api pada bangunan. Bahan bangunan Warung Brebes Pesona Dua Putri itu terbuat dari bata ringan atau hebel. Semua sisi rumah pun sifatnya menahan api.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Deni mengatakan faktor-faktor itulah yang menjadi penyebab bangunan terlindung meski hunian di sekelilingnya dilalap api. Sementara itu, kondisi bangunan di samping Warteg disebut rawan dan mudah terbakar.

Menurut Deni, ilmu kompartemenisasi penting bagi orang atau tukang yang membangun rumah, sehingga rumah lebih aman dari api kebakaran yang merambat.

“Jadi kalau mau dibangun lagi satu kampung supaya aman dari kebakaran besar, pastikan kompartemenisasinya itu. Semakin banyak, semakin bagus bangunannya,” tuturnya.

kondisi warteg 'barokah' yang selamat dari kabakaran di jl simprug golf ii, jakarta selatan.Kondisi warteg ‘Barokah’ yang selamat dari kebakaran di Jl Simprug Golf II, Jakarta Selatan. (Adrial Akbar/detikcom)

Viral Warteg Barokah

Sebuah video soal warteg tak terbakar padahal bangunan lain terbakar viral di media sosial. Bangunan warteg, khususnya bagian depan, masih utuh. Sementara itu, bangunan di samping kiri dan kanan sudah berupa puing-puing.

Dalam video yang beredar tersebut, seseorang merekam kondisi pascakebakaran pada Minggu (21/8/2022). Narasi dalam video menyebut warteg itu adalah warteg ‘Barokah’ karena sering memberikan makanan gratis setiap Jumat.

Dari pantauan detikcom di lokasi, Selasa (23/8), bagian depan warteg itu utuh, tak terbakar. Masih terlihat jelas tulisan ‘Warung Brebes Pesona Dua Putri’.

Pada bagian dalam warteg Barokah, hanya sebagian kecil yang terdampak. Ada sebagian tembok yang gosong bekas terbakar.

Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik itu terjadi di Simprug Golf II RT 08 RW 08. Kini semua bangunan yang habis terbakar telah dipasangi garis polisi.

Penjaga warteg tersebut, Saeni, membenarkan soal kegiatan membagikan makanan tiap Jumat. Pada hari itu, pemilik warteg membagikan makanan kepada anak yatim dan jemaah masjid di Pamulang, Tangerang Selatan.

“Jadi saya sedekahnya buat anak yatim doang. Sama jemaah masjid di Pamulang,” katanya, saat ditemui di warteg, Selasa (23/8/2022).

Simak juga video ‘Warga Cerita Saat Kebakaran di Simprug: Api Begitu Cepat Merembet’:

[Gambas:Video 20detik]

(aik/idn)