The Poison Garden, Taman Paling Mematikan di Inggris

Jakarta

Chris Griffiths

BBC Travel

The Poison Garden yang berlokasi di Taman Alnwick, Northumberland, Inggris, adalah rumah bagi lebih dari 100 tanaman yang beracun, memabukkan, dan mengandung narkotika. Taman itu terbuka untuk umum.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tanda pada gerbang besi berwana hitam itu menyebutkan, “Tanaman-tanaman ini dapat membunuh, lengkap dengan hiasan tengkorak dan tulang-belulang sebagai peringatan yang jelas.

Peringatan itu bukanlah lelucon sebidang tanah di balik jeruji besi hitam ini adalah taman paling mematikan di dunia. Taman itu terbuka untuk umum.

Didirikan pada 2005, Poison Garden yang berlokasi di Taman Alnwick, Northumberland, Inggris, adalah rumah bagi lebih dari 100 tanaman yang beracun, memabukkan, dan mengandung narkotika.

“Sebelum pengunjung diizinkan masuk, mereka harus mendapat pengarahan keselamatan,” kata Dean Smith, seorang pemandu di Poison Garden.

Pengunjung diinstruksikan bahwa mereka tidak diizinkan untuk menyentuh, merasakan, atau mencium apa pun – namun, seperti yang tercatat oleh situs web, para tamu terkadang masih pingsan karena menghirup asap beracun saat mereka berjalan.

the poison gardenGetty ImagesDidirikan pada 2005, Poison Garden yang berlokasi di Taman Alnwick, Northumberland, Inggris, adalah rumah bagi lebih dari 100 tanaman yang beracun, memabukkan, dan mengandung narkotika.

Salah satu tanaman beracun yang dibudidayakan di taman ini adalah tanaman monkshood, atau wolfs bane, yang mengandung aconitine, sebuah racun saraf dan racun kardio.

Namun, itu bukan yang terburuk: “Mungkin tanaman paling beracun yang kami miliki di sini adalah risin [yang mengandung racun risin] atau yang lebih dikenal sebagai biji jarak atau tanaman minyak jarak,” kata Smith.

The Guinness Book of World Records menganggap itu sebagai tanaman paling beracun di dunia.”

Baca juga:

Anehnya, banyak tanaman yang cukup dikenal umum tumbuh di kebun.

“Banyak tanaman di sini tumbuh secara liar di Inggris, dan sebagian besar tanaman sangat mudah dibudidayakan,” kata Smith.

Bahkan semak-semak taman rumah yang populer seperti rhododendron terdapat di taman ini.

Daunnya mengandung grayanotoxin yang akan menyerang sistem saraf seseorang jika dikonsumsi.

“Tapi Anda tidak mungkin memakan daunnya, karena rasanya menjijikkan,” kata Smith meyakinkan.

the poison garden Getty Images Salah satu tanaman beracun yang dibudidayakan di taman ini adalah tanaman monkshood, atau wolfs bane, yang mengandung aconitine, sebuah racun saraf dan racun kardio.

Kemudian ada pohon laburnum, pohon paling beracun nomor dua di Inggris (pohon yew yang lebih berbahaya).

Banyak orang memilikinya di sekitar rumah mereka karena bunga kuningnya yang indah, tetapi mengandung racun yang disebut cytisine.

“Pohon itu sangat beracun,” kata Smith, “jika salah satu cabangnya jatuh ke lantai, tergeletak di sana selama beberapa bulan dan kemudian seekor anjing datang, mengambilnya untuk dibawa saat berjalan, kemungkinan besar anjing itu tidak akan menyelesaikan perjalanannya. Tanaman itu sangat beracun.”

Tanaman beracun tidak hanya beracun bagi manusia dan anjing.

Seperti yang dijelaskan Smith, jika cukup banyak rhododendron yang tumbuh berdekatan, mereka akan meracuni tanah sehingga satu-satunya hal yang dapat tumbuh di sana adalah tanaman rhododendron lainnya.

Jika lebah mengumpulkan madu hanya dari rhododendron, cairannya berubah warna menjadi merah dan, dalam dosis kecil, akan memiliki sifat halusinogen.

“Tapi dosis yang lebih besar akan berakibat fatal,” Smith memperingatkan.

the poison gardenGetty ImagesAda satu tanaman di taman yang bisa membunuh Anda hanya dengan memangkasnya.

Beberapa tanaman tidak perlu dikonsumsi, disentuh, dicium, atau diubah menjadi zat psikedelik untuk membunuh Anda.

Ada satu tanaman di taman yang bisa membunuh Anda hanya dengan memangkasnya.

Daun Prunus laurocerasus (yang juga dikenal sebagai cherry laurel atau English laurel) mengandung dua komponen (glikosida sianogenik dan ion sianida) yang, secara terpisah, tidak akan membahayakan Anda.

Tetapi jika seekor hewan menumbuk daun dengan mengunyahnya atau jika manusia mengambil pemotong pagar untuknya tanaman itu menghasilkan gas sianida.

“Biasanya Anda berada di luar ruangan ini, yang berventilasi baik, pada hari yang berangin, itu mungkin tidak akan menjadi masalah,” katanya.

“Sampai Anda memasukkan potongan tanaman itu ke dalam bagasi mobil Anda untuk dibawa ke tempat pembuangan sampah – Anda sekarang berada di ruang tertutup [dengan] ventilasi yang buruk dan gas sianida.”

Hellebores, seperti Christmas Rose, adalah tanaman umum lain yang berbahaya di sini.

Akarnya memiliki racun kardio yang akan menghentikan jantung Anda, dan getahnya mengandung zat iritan yang kuat.

Jadi selalu kenakan sarung tangan, dan Smith memperingatkan, jangan melepas sarung tangan dengan cara mencabutnya dengan gigi Anda.

Baca juga:

Hal tersebut adalah sesuatu yang tidak akan pernah dilakukan oleh tukang kebun di sini.

Seperti yang dikatakan kepala tukang kebun Robert Ternent, staf di taman ini mengikuti berbagai langkah keselamatan.

“Pada beberapa wilayah kebun, Anda tidak perlu mengambil tindakan pencegahan sama sekali, sedangkan pada kebun hogweed raksasa dan kemudian Anda menggunakan setelan hazmat lengkap, masker wajah, sarung tangan.”

Tukang kebun Amy Thorp tidak terguncang.

“Saya tidak berpikir itu mengkhawatirkan bagi saya karena saya merasa seperti kita berada di ruang mereka,” katanya.

“Banyak tanaman ini, saya pikir, mungkin sudah ada sebelum kita datang.

Jadi, terserah kita untuk belajar dan mendidik diri sendiri tentang semua kegunaannya, karena banyak tanaman di sini digunakan untuk kebaikan. Mereka ‘tidak semuanya buruk.”

Faktanya, beberapa tanaman paling mematikan di sini adalah sumber penyembuhan yang hebat, seperti yew, yang digunakan dalam pengobatan kanker payudara.

Tanaman periwinkle juga bermata dua: bahan-bahannya dapat berakibat fatal, tetapi jika diproses dengan benar, tanaman tersebut menghasilkan obat-obatan yang bermanfaat.

Versi bahasa Inggris dari artikel ini, The UK’s deadliest garden, bisa Anda simak di laman BBC Travel.

Simak juga ‘Penampakan Rumah yang Dirancang untuk Hidup di Mars’:

[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)